Kirim Cerita Tulis dan Kirim Cerita Anda Di sini

Suami Punya WIL, Aku Punya Selingkuh

Perselingkuhan suamiku dengan wanita idaman lain membuatku gelap mata dan menjadi awal cerita selingkuh yang kulakukan juga. Aku nekat membalas perbuatan suamiku dengan memelihara seorang pria untuk kujadikan teman selingkuh.

Cerita ini bermula ketika aku berhasil membuktikan perselingkuhan suamiku, Erwin (bukan nama sebenarnya) dengan sekretarisnya. Suamiku ternyata berselingkuh dan memelihara seorang WIL (Wanita Idaman Lain).

Tentu saja aku marah besar apalagi mereka mengaku telah menikah di bawah tangan tahun lalu. Ah pikiranku menjadi kacau, sakit rasanya hati ini, kesetiaan dan cinta yang terus kujaga selama ini telah dihancurkan oleh mas Erwin.

Rasanya aku tidak mampu berpikir tenang dalam kondisi tersebut, imanku goyah kepercayaanku sirna. Yang tersisa hanya dendam. Apa yang dilakukan Erwin kepadaku membuatku berpikir tidak salah jika aku juga melakukan hal yang sama.

Aku tidak bisa mempertahankan keluargaku karena mereka telah menikah. Meskipun aku istri sah, aku tidak mungkin memisahkan mereka, salah-salah justru aku yang diceraikan. Kalau harus bercerai tentu aku masih pikir-pikir.

Di kota ini aku sendiri, orang tua dan keluargaku tinggal di Jawa, mereka tahunya aku bahagia dan bergelimang harta, mereka sama sekali tidak tahu kalau suamiku tukang selingkuh. Kalau bercerai apa yang harus kukatakan kepada mereka, dan bagaimana aku hidup? aku tidak punya keahlian dan tidak biasa bekerja. Selama ini suamikulah yang menjadi tulang punggung keluarga. Beruntung kami belum memiliki anak.

Karena itulah aku berusaha mempertahankan keluargaku. Mas Erwin juga berjanji akan memenuhi kewajibannya sebagai suami asalkan aku tidak menuntut cerai dan tidak meributkan pernikahannya itu. Jadi aku menerima permintaan mas Erwin, tentu saja dengan segudang persyaratan yang harus dipenuhinya. Menurutku, itu lebih baik daripada berpisah yang akhirnya justru merugikanku sendiri.

Dan jadilah aku memiliki madu, meskipun kami tidak pernah bertemu aku tahu suamiku sering ke rumah perempuan selingkuhan itu. Terus terang aku sangat marah jika sedikit saja mendengar suamiku telponan dengan dia. Selama dia di rumahku dia tidak boleh berhubungan dengan wanita itu.

Dan tepat ketika suatu hari, suamiku berangkat ke Sumatera bersama istri simpanannya. Aku diberinya uang bulanan yang sangat besar dan sangat lebih dari cukup untuk membiayai hidupku. Aku bebas menghamburkannya tanpa takut ketahuan suamiku.

Maka mulailah aku mengenal dunia malam, ceritaku semakin menjadi-jadi, aku bukan lagi diriku yang dulu, yang ada adalah aku yang ingin membalas perbuatan suamiku. Diskotik, bar, karaoke, dan berbagai tempat hiburan malam menjadi langgananku setiap malam. Aku ingin melupakan cerita perselingkuhan suamiku dengan membuat cerita sendiri tentang diriku.

Suatu malam aku berkenalan dengan seorang pria, ketampanannya membuatku hanyut, apalagi sejak suamiku selingkuh aku sudah tidak pernah disentuhnya. Sebagai wanita normal tentu aku masih mengharapkan belaian dan kehangatan seorang pria.

Namanya Johan, dia seorang karyawan swasta. Sikapnya yang sopan, dewasa, tidak nakal dan tentu saja tampan, membuatku larut. Hanya dalam waktu seminggu dari kami berkenalan, kami sudah berani melanjutkan hubungan sampai di ranjang. Tak ada sedikitpun rasa bersalah dalam diriku, aku pun heran mengapa aku berani melakukannya dengan pria yang bukan suamiku. Tapi aku sangat menikmati hubungan itu.

Aku resmi berselingkuh, tak tanggung-tanggung pria selingkuhanku sepuluh tahun lebih muda dariku. Aku tak peduli, yang penting adalah aku bisa merasakan kebahagiaan dan kehangatan saat bersama Johan. Sedikit namun jelas aku merasakan kepuasan telah membalas perbuatan mas Erwin.

Hubunganku dengan Johan sudah berjalan hampir 6 bulan. Sampai sekarang hubungan tersebut masih berlanjut tanpa mas Erwin ketahui. Kalau suamiku sedang di rumah istri barunya maka Johan lah yang akan menginap di rumahku menggantikan Erwin.

Kalau bukan di rumah, kami juga melakukannya di hotel atau penginapan. Yang kurasa aku sangat bahagia bersama Johan. Aku pikir rasa ini bukan lagi sekadar ingin membalas dendam, cerita selingkuh ini berubah menjadi cinta. Ya jika suamiku punya wanita idaman lain, aku pun punya selingkuh.
***

Jika anda memiliki cerita atau kisah hidup untuk dibagi ke pembaca ceritacurhat.com, silahkan kirim cerita disini.

  • andre

    Kalau anda beragama Islam, maka Anda dalam ujian dunia yg sangat berat. Suami anda boleh poligami tapi anda ga boleh. Pilihannya adalah bercerai dan menikah dengan haris. Atau anda akan terus berbuat berdosa. Atau coba untuk memaafkan suami anda, kalau dia tidak adil maka katakan hak2 anda, ingatkan dia tentang dosa juga. Allah lebih tahu mana yang paling benar.

    • Irvan

      Saya sangat mendukung klo Islam melarang umatnya POLIGAMI untuk mengurangi masalah dlm rumah tangga, …………………………kasian perempuan trus jadi korban…………………..

      • Dieen chhoox

        Kalo km gak islam, km ga punya hak utk ngatur hukum islam, begitupun orang islam, karena hukum itu bukan buatan manusia: tapi ALLAH
        Kalo tak sesuai dengan harapanmu, itu bkn salahnya hukum itu: tapi manusianya… (liat aja mereka seperti hewan, bahkan lebih rendah lagi)

        • Prosecution

          sebenarnya POLIGAMI hanya diperbolehkan untuk pemimpin besar seperti raja, karena pernikahannya dengan utusan/keluarga kerajaan lain dapat menyatukan dua kerajaan tanpa melalui jalur perang. Hal ini yang tidak disimak baik-baik. Apa manfaat besarnya bagi lelaki biasa atau pemuka agama apabila mereka berpoligami? jawabnya hanya kepuasan sendiri.

          • arif

            dalam Islam siapa pun bleh polygami,asal memenuhi syarat n rukunnya. yang jelas harus adil dan bertanggung jawab n prosedural.
            Hadistnya Shokhih koq. ok?

          • Karno

            Kisah poligami sudah tersebar dn di perlaku kan pada zaman dahulu,Ayat poligami ter ikat pada kisah Nabi Allah mhd saw.maka, kadang kala umat nya terbawa2 mengikut sunnah nya,konon nya atas kemampuan harta,mengelak kan zina(Malsiat)tetapi apa kah pernah kita lihat rata2 keadaan diri kita,apa kah kita mampu berdiri dan berjalan dengan betul?kadang kala kita tak adil kan diri kita pada Allah,apa tah lagi adil sesama maknusia,sekurang2 nya maknusia pertama tadi akan terasa cemburu dan dan iri hati.Apa kah si suami tadi tahu isi dn perasaan hati isteri pertama tadi?Nah maka di sini kita lupa bahwa kita telah menyakiti maknusia ciptaan Allah,walau pn ia nya istri kita,(sesungoh nya jangan lah kamu wahai maknusia menyakiti sesama maknusia dan berbuat baik lah di antara kamu di muka bumi ini.)Jadi secara mutlak jawapan nya,Kita tidak mampu melaku kan poligami,Dan jawapan Rahasia hidup,Akhlak keiklasan kita belum setaraf(setandeng)gengan Nabi Mhd saw.Jadi kan diri kita musahaba diri,bantu lah yang susah(Janda2)dan buat yang Amal diri,Sesungoh nya,kita mendapat keberkatan hidup dan di hormati,Insallah Amin..

          • UCOK

            bujang kau.,,,
            uda di entot jja khan enak.,,,
            khan sama sama entot entotannya.,,
            dah klo kurang biar ama aku ajja.,,
            punyaku gede do.,,

          • via

            .vhi zal bizha adhil xn nda pPa,,,
            .adiL buxhan hnya dLam materi sja melainkan batin jg,,,

        • agim

          menyelsaikan masal bkn dengan menjatuhkan tapi dengan diskusi dan dengan damai. jgn sok benar d antara yg benar, jgn sok tua tp klu masih muda, yuk kita hidup d jlan allah biar selamat dunia akhirat amin…

        • rat no

          saya org islam,saya setuju poligami, karena itu memang bagian dari islam…tapi saya tidak akan poligami karena menghargai perasaan wanita…dan sayang banyk org menjadikanya sebagai dalih untuk kepuasaan /nafsunya…dan perilaku dan orang seperti ini yang harus yang ditumpas habis…namun tindakan penulis artikel di atas sama sekali tidak bisa dibenarkan…itu ujian hidup bertaubatlah sebelum terlambat….saya yakin masih ada solusinya…

          • Evi

            Stiap manusia pasti punya ujian masing2. Kamu harus sadar bahwa itu ujian dari tuhan…mungkin tuhan memberikan ujian itu karna kamu tergolong orang2 yg hebat & mampu menghadapinya…tapi hubungan kamu dgn haris sebaiknya diakhiri karna kalau kita ikutin nafsu kelak nanti kamu akan merugi dunia-akhirat tapi kalo kamu ikutin iman insya allah kamu selamat dunia-akhirat… Tunjukin kalo kamu wanita super….

          • baenk

            kalo sudah di setujui agama knapa g dilakukan…begitu bertentangan y…

      • ajem

        saya kira Poligami itu banyak persyaratannya dalam hukum islam, dan seharusnya suami dalam kisah di atas tidak dapat dikategorikan poligami jika melihat caranya, karena dia menikah tanpa sepengetahuan istri pertama. terkadang banyak yang menyalah artikan kebebasan berpoligami menurut hukum islam dengan nafsu semata. bagi saya, Poligami berdasarkan hukum islam itu pilihan dan ada konseksuensinya, namun jangan atas namakan nafsu dengan poligami bagi saya itu berbeda.

        • tom orrow

          sudahlah, akui aja bhw poligami di islam hanya untuk mau menangnya laki2 tanpa memperhatikan istrinya sendiri yang sakit hati…apa bukan dosa itu kalau menyakiti orang lain apalagi istri
          pelampiasan sexnya alias pelampiasan kontolnya dengan menggunakan kedok agama, itu namanya setan

          • bian

            sepertinya anda bukan orang muslim,kalo anda makhluk berfikir, bagaimana jika setiap satu laki-laki menikah dengan satu perempuan dan memaksa perempuan yang tidak mendapatkan pasangan agar tidak menikah dan agar hidup sendiri tanpa suami dan kelucuan anak – anak, apakah adil bagi kaum perempuan, sesungguhnya
            sedikitnya jumlah laki-laki dibanding perempuan, telah dikabarkan oleh Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi Wasallam, dimana beliau bersabda :
            إن من أشراط الساعة أن يرفع العلم ويكثر
            الجهل ويكثر الزنا ويكثر شرب الخمر ويقل الرجال وتكثر النساء
            “Sesungguhnya yang termasuk tanda – tanda Kiamat adalah diangkatnya ilmu, menyebarnya kebodohan, menyebarnya zina, menyebarnya minum khomr dan sedikitnya laki-laki dan banyaknya perempuan…” ( Muttafaq ‘Alaihi ),
            termasuk bahasa anda yang terkesan memprovokasi islam, smoga anda diberi hidayah dari Allah SWT….amin

          • roy

            tom orrow on April 22, 2011 at 12:50 pm

            sudahlah, akui aja bhw poligami di islam hanya untuk mau menangnya laki2 tanpa memperhatikan istrinya sendiri yang sakit hati…apa bukan dosa itu kalau menyakiti orang lain apalagi istri
            pelampiasan sexnya alias pelampiasan kontolnya dengan menggunakan kedok agama, itu namanya setan

            Kalo ngomong ngasal aja begini nih kalo orang ga ngerti & ga punya agama nyembah nya patung kalo ga pohon nih org. situ belum nikah sih jadi ga tau apa2 terjadinya selingkuh atau poligami sang suami itu faktor terbesarnya terletak pada
            pada kaum wanita faktor dan buktinya byk bos, istri tdk menghormati suami, istri tdk memuaskan, tdk mau dll dlm berhubungan intim, istri ngelawan suami, suami tdk puas dengan istrinya,istri nuntut minta gono gini & lain2 masih byk dan lihat sendiri aja bos di smuah alkitab yg anda anut dan percayai dan tanya kepada pemuka2 agama yg anda anut baca dan tanya, APA TUGAS ISTRI KEPADA SUAMI ? APA TUGAS ISTRI KEPADA ANAK2 ? APA TUGAS ISTRI DI DLM RUMAH TANGGA ? kalo itu di jlanin dengan benar dan tdk ada penyimpangan dari istri gw jamin 100% ga ada tuh yg namanya selingkuh dan poligami kecuali emang si laki2 bejad dan itu bkn urusan kita urusanya sama sang pencipta masing2. kalo ente mau tau ente bisa cari( WANITA YG PANTAS MASUK SURGA ) ust.Labib.Mz Penerbit MULIA JAYA Surabaya jgn cuma baca tapi di jalanin, lagian mana ada sih yg mau laki2 or wanita selingku kalau tdk ada faktor2 tertentu yg tau hanya mereka2 yg mengalaminya. lihat cerita di atas cerita itu dari fersi sang istri, apa smuah tau apa fersi sang suami ??? jgn memfonis, menuduh dan mencela kalau hanya tau dari sebelah pihak trima kasih

          • Jono

            Wah sok lu kalau ngeguruin pintar ya! Di Indonesia banyak ustads, haji, kyai tapi kejahatan dan korupsinya bejibun, memang agamanya sudah nggak benar itu! Tuh Nabinya aja tukang kawin. Dari janda sampai anak umur 9 tahun diembat juga

          • pipin

            Sebetulnya saya bukan ustadz, tapi saya sedikit ngerti tentang poligami.
            Dalam Qur’an surat Annisa ayat 3 dijelaskan:
            “Jika kamu khawatir tidak akan mampu berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yatim (bilamana kamu menikahinya), maka nikahilah perempuan (lain) yang kamu senangi: dua, tiga atau empat. Tetapi jika kamu khawatir tidak akan mampu berlaku adil, maka (nikahilah) seorang saja, atau hamba sahaya perempuan yang kamu miliki. Yang demikian itu lebih dekat agar kamu tidak berbuat zalim.”

            Disitu ditegaskan bahwa jika seorang laki2 bisa berbuat adil (dalam masalah harta dan kepuasan batin terhadap para istrinya), maka dia boleh menikah sampai empat. Tapi jika takut tidak bisa berbuat adil maka 1 perempuan saja. Sudah jelas bahwa ADIL disini lebih ditekankan apabila seorang laki2 ingin berpoligami. Apabila seorang suami menikah lagi tetapi dia menzalimi istrinya, maka akibatnya adalah azab dari ALLAH SWT.

            Jika seorang istri mampu bersabar dengan perbuatan seorang suami yang demikian, mudah mudahan ALLAH membalas dengan ampunan dan memberikan Rahmat-Nya serta mengangkat tinggi derajatnya dan memberikan kesenangan di dunia dan akhirat. Bersabar mungkin pahit didepannya, tapi percayalah akan sangat manis di akhirnya.

          • siti patmiatiun

            Kamu ngomong gt hanya karena km gak tahu Islam, tapi kalau km mau pelajari Islam dan gunakan akal lu, aku yakin km gak ngomong gt, bahkan km akan tngglkan agamu lu, n msk Islam. Karena cuma Islam yang logis

          • ifo

            klo diluar islam tidak perlu poligami secara sah, untuk melampaiskan nafsu sexnya bebas aja seperti binatang tidak ada yang larang jadi tidak perlu ada poligami, seorang seami atau istri pun bebas mau berhubungan badan diluar nikah itu sah sah saja, jadi sekali lagi baginya tak perlu poligami.

        • Aku

          Tapi juga daripada mengumbar nafsu dengan berzinah lebih baik menikah,terkadang para istri lebih senang suaminya jajan ga jelas di luar asal ga ketauan daripada mengikhlaskan suaminya nikah lagi,so istri seneng suaminya selingkuh daripada di madu.lebih baik berzina tp rumah tangga aman atau poligami???????????

          • peo

            Jadi kalau istri lagi kebelet berhubungan sementara sang suami lebih memilih istri muda bagaimana sang istri memenuhi hasratnya, apa dia harus cari pemuas diluar atau dia juga kawin sama seperti sang suami biar adil gitu loh

          • Irwan

            Ini lagi kenapa nafsu tidak dilawan dengan hal yang baik?

      • hadi

        lho, gimana tooo. islam menyuruh ummatnya untuk berpoligami justru menyelamatkan kaum hawa dari keterpurukan, gimna see kamu tu, ngerti nggak

        • angel

          Macam Betullllll aja kau tuh……..
          Ngak usah ngomongin orang baik atau buruk berdiri di depan kaca aja bilang sama diri sudah baik atau belum diri saya???

          • bunkusan

            Cocok sekali tuh pendapat angel yg penting kita koreksi diri kita masing.

            Ada sedikit saran kalau sdh sayang n jatuh cinta sama hans tanya saja sama sihansnya mau tdk tuk kejenjang perkawinan kalau mau tinggal cerai saja sama suami km dan kamu jg siapin aja tuk bekal mencari nafkah sendiri

          • ifo

            ya klo sdh ngaca, dan saya sdh betul, orang juga anggap betul, kenapa disalahkan sdh betul, iya kan.

            kan tidak salah menyampaikan kepada orang suatu yang salah atau yang baik

        • JIM

          Islam memperbolehkan Poligami namun Harus Bisa ADIl yang jadi persolan apakah kita manusia itu bisa adil…..
          Jadi jangan lah ambil resiko la wong kita ajah ke diri kita ga pernah adil
          Ngaji diri saudara – saudaraku jangan merasa kita benar kepada orang lain namun benar lah untuk kita kaji sendiri

          • islam

            ADIL DALAM SYARIAT ADALAH ADIL DALAM MEMBERIKAN NAFKAH BAIK LAHIR MAUPUN BATIN,BUKAN ADIL DENGAN PERASAAN, SELAMA KITA MAMPU MEMBERI NAFKAH DENGAN ADIL,BAIK NAFKAH LAHIR MAUPUN BATIN SILAHKAN SAJA, DAN TIDAK WAJIB BAGI SUAMI UNTUK MINTA IJIN DENGAN ISTRINYA YANG PERTAMA.

          • boedoet

            Waduhhhhh, ajaran apalagi nihhhhhh, ….
            maaf saya mau tanya apakah anda bisa berlaku adil ????!!!!
            Manusia tidak akan bisa berlaku adil dalam hal apapun karena sifat manusia akan tetap memilih dan membeda-bedakan antara satu dengan yang lain.
            Bagi saya keadilan hanya TUHAN yang punya, ini ber-arti anda dan anda2 semua yang menganut faham bahwa suami boleh berpoligami selama bisa berlaku adil saya katakan “Omong Kosong” ( untuk membenarkan perbuatan yang tidak benar yang menguntungkan diri-sendiri )
            Dan tolong kasih tau Bang Haji O.I tuh, jangan cuma pandai berdakwah di-mana2 tapi melakukan perbuatan yang merugikan orang lain juga harus dijauhi ( punya istri di mana-mana )apakah “dia” bisa adil ? dimana adilnya kalo yang lain ditelantarkan ??? …. ( dari saudaramu )

        • bambang

          Saya dukung,hidup tanpa poligami.maaf bukan saya mau munafik,poligami hanya menguntungkan pihak pria saja,anda tidak memperhatikan pihak wanitanya,wanita itu bukan benda mati dia punya perasaan,punya emosi dan juga otak…coba dibalik kita sebagai pria ada di posisi si wanita…relakah?kita dipoligami istri kita..pikirkan itu baik” dengan OTAK anda

          • Vendy

            Waahh….kayaknya ada yang mau jadi Tuhan baru neh…..
            Sok tau banget, kamu pikir semua hal bisa di “Otak”kan….
            Setiap ketentuan Tuhan pasti baek buat manusia, karena Tuhan yg paling ngerti dan paling tau bagaimana ngatur manusia, karena Dia yg Bikin manusia.
            Poligami di perbolehkan adalah satu hal, soal terjadinya penyelewengan dari suatu aturan, itu adalah hal laen.

            Kalo nuruti “OTAK” manusia yg bodoh (seperti Otak anda), akan banyak sekali aturan Tuhan yang harus dihapuskan… seperti misalnya pembagian waris yg tidak sama antara laki2 dan perempuan, hukuman potong tangan, hukuman pancung dan lain2.
            Tidak boleh menggunakan perasaan saat menegakkan agama Allah.
            Walaa Ro’fatun fii dinillah…
            karena perasaan kita adalah bukan “perasaan keTuhanan”.

            Soal praktek poligami yg saat ini terjadi dirasakan hanya menguntungkan pihak pria saja, berarti yang salah adalah mempraktekkan poligaminya….tapi jangan kemudian poligaminya yang disalahkan.

            meskipun dgn berbagai persyaratan yang amat ketat, pintu poligami tetap terbuka.
            kalo ada yg bilang, mendukung hidup tanpa poligami……kalo gitu kamu saja yang jadi Tuhan…….(sok tau banget)…

            TIDAK SETIAP YANG KITA KIRA BAIK, AKAN BERAKIBAT BAIK TERHADAP KITA….SEBALIKNYA….TIDAK SETIAP YANG KITA KIRA JELEK DAN BURUK AKAN SELALU BERAKIBAT JELEK DAN BURUK BAGI KITA.

            wallahu a’lam

          • aldi

            hukum agama islam ya hukum tidak bisa diganggu gugat.alquran sudah menjelaskan tidak ada lagi yang bisa mengubah apalagi manusia seperti kamu,…..
            saya paling benci dengan orng yang selalu menentang agama islam.sudah jelas wanita terbuat dari tulang rusuk laki2 yang bengkok.namanya bengkok tidak bisa lurus mendekati lurus bisa.jadi kl kamu bukan orang islam tidak usah komentar tauuuuuuu,

          • angel2

            Thanks banget Bambang mengerti dan menghargai perasaan kita sebagai wanita.Kebanyakan orang orang banyak omong doang,apalagi dikaitkan agama,mengatakan sah sah saja.memengnyanya wanita itu benda hidup yang tak berhati?coba situ yg pada kawin lagi,bini tua masih hidup,tahukah situ bini tersebut malam malam menangis dan berdoa minta dikuatkan hatinya?buat saya mereka itu tidak lebih baik dari binatang.Binatang tidak dapat disalahkan,sebab mereka tidak diberi kepandaian seperti manusia,tetapi manusianya itu yg berbuat tanpa menggunakan hati dan perasaan,adalah binatang yang paling hina.alasan apapun jika hanya untuk kawin lagi adalah nonsense.apa itu adil lahir dan batin?kenapa gak sekalian adil lahir,batin,dan hati perasaan?ada gak?PAKE OTAK PIKIRKANNYA.coba fakta yang berlaku terbalik dan anda sendiri yang mengalaminya.(SAYA SUMPAHIN KENA KUALAT ORANG YANG MENDUKUNG POLIGAMI)).kalau menurut agama??? pake otak waras manusia,BUKAN OTAK BINATANG kamu aja benar apa enggak perbuatan kayak gitu..

          • lisa

            gua setuju tu ama bambang

          • boedoet

            Bang vendi yang baik, jika anda ingin tau persis bagaimana sih sebenarnya kehidupan orang-orang yang berpoligami ?
            Poligami akan membawa kehancuran pada diri dan keluarga anda, mau contoh ?
            Lihat apa yang dialami AA Gim, pada awalnya dikatakan istrinya ( teteh ? ) sudah iklas dan setuju tapi akhirnya ….. ini menunjukan bahwa ada ketidak benaran disana artinya poligami hanya mengungtungkan sebelah pihak dan jika mau jujur tanyakan ke AA Gim pasti dia menyesalll … karena telah berpoligami !
            Ternyata kenikmatannya harus dibayar mahal, dikehilangan istrinya, namanya jadi jelek, pamornya turun, dll, dll !
            Saya percaya kalo waktu boleh diputar kembali pasti AA Gim dan mungkin orang-orang yang sudah berpoligami ingin kembali kekehidupan normal ( tanpa POLIGAMI )

        • Girl

          untuk bian n yg menyutujui poligami: knp cwe yg melulu disalahkan kl cwo poligami?
          slu mnuntuk wanita sempurna,kl cwo slgkuh cwe yg dslahkn ga spurna,mang klen dah sempurna belum??
          jagan make dalih agama untuk menghalakn poligami. liat ja buktinya polgami tu hampir semua menyakitkan dn tanpa persetujuan wanita…

          • Vendy

            sedikit catatan barangkali…..
            mungkin saya salah….tolong dikoreksi.
            Menyoroti terjadinya perselingkuhan,

            Oke,, kapanpun selingkuh berkonotasi negatif,…dan itu sangat tercela, siapapun pelakunya….

            Tapi, seringkali terlewatkan, bahwa pelaku perselingkuhan adalah pria dan wanita, cowok dan cewek, laki dan perempuan. Kalo mau fair, Cowok dan cewek yang berselingkuh itulah yang salah.

            Katakanlah…..andai semua wanita (tidak mungkin neh) adalah wanita yg baik dan sempurna……pasti tidak akan terjadi perselingkuhan.

            jadi, wanita (pasangan selingkuhan) juga berperan 50% dalam terjadinya perselingkuhan, apapun alasannya.

            Mohon maaf, koreksinya

          • alex

            girl kurasa kau betul dlm hal ini, aku jg heran, macam mana ini… klo cewek.. apapun alasannya… SALAH.. klo cowok… apapun alasannya… DIBETULKAN… pake dalil2 agama lg… sudah.. jamannya sudah lain, kesederajadan.. jg termasuk jaga perasaan… aku jg suka marah pada pacarku… ingin rasanya ku robek2 mukanya… tp aku jg lihat diriku… kalau aku memang salah… pantaslah itu… dia bertindak seperti itu ke aku…. salam buat semua saja… mulai hari ini… jgn munafik… sudah saat nya kita pikir bagaimana mengurangi pencemaran ini… terutama di danau toba ku ini…

        • shita

          ah lo hadi, lo sotoyyy…..menurutku poligami bukan tuk menyelamatkan wanita dari kterpurukan..tapi menyakitkan hati kaum hawa…

          • coretan tinta

            bener bro. ane sutuju sama pendapat ente

      • Squidy

        radikalnya gini:
        yo nda bisa gitu mas, kalo nda ada POLIGAMI, ditutup donk pahala istri2 yang ikhlas?

        moderatnya gini:
        fasilitas udah disediakan Allah, kembali lagi ke manusianya.
        “Tega nggak”, kalo situ belum bisa berlaku adil beristri lagi?
        “Tega nggak”, kalo situ yang sudah bisa berlaku adil beristri lagi?

        Kalo nda “Tega”, ya nda usah dijalankan. Kalo “Tega”, ya tanyakan dulu keikhlasan istri, kalo istri nda ikhlas ya jangan coba – coba.

        • aldi

          kl semua dibawa istri.suami gimana
          istri melawan suami…
          istri membentak suami..
          istri tidak taat sama suami….
          istri selingkuh dibelakang suami…
          siapa yang tahan kl punya istri begitu
          kl saling menjelekan kebanyakan yang jelek sifat dan ahlagk nya adalah perempuan itu tidak bisa dipungkiri.dalam alquran juga sudah jelas bahwa perempuan lah sebagian besar masuk neraka……karena perempuan selalu hidupnya ingin dikelilingi oleh harta,.
          jadi gak usah bawa masalah tega atau tidak
          suami adalah pemimipin mau tidak mau siapapun pengikut harus mengikuti aturan pemimpin
          bila tidak mau ikut silahkan angkat kaki dari kerajaan yang dibuat dalam rumah tangga.

          • dian

            sebenarnya,…kalo bicara ttg Rasulullah…Beliau tdk berpoligami saat masih bersama Khodijah…nah, setelah sang istri wafat,…Beliau baru berpoligami…itupun dg janda2 tua yg miskin…yg ditinggal mati suami mrk d medan perang…utk mengangkat harkat dan derajat mereka,…kalo toh ada yg perawan, itu hadiah perang,…itupun Rasul juga sdh sepuh,…so, adakah jaman sekarang para lelaki yg berhati mulia dan berniat mulia pula utk mengawini janda2 spt Rasul? hayooo,…pasti jandanya yg masih kinyis2,…lbh semlohay,..cuantik,..muda…tajir…nah,…kalo sdh begini….apakah semua dilakukan krn meniru Rasul? jgn sepenggal menirunya,..kalo kita mengaku umatNya….tiru aja sekalian semuanya,…siapa yg berani? hahahahaha… pasti ga ada yg mampu….kalo toh seorg perempuan sampai ga nurut,suka bantah atau apalah yg jelek2 dr perempuan itu,…jgnlah kesalahan di timpakan sepenuhnya pada mrk utk sebagai alat pembenar berpoligami dg alasan meniru Rasul…tapi lihatlah siapa pemimpin perempuan itu? sholehkah dia? patutkah dia sbg pemimpin dan pendidik yg baik? istri adalah ageman (bhs jawa=baju) bagi suami…kalo baju itu kusam dan robek… apakah bajunya yg patut dipersalahkan?lha bgm dg pemakainya sendiri? kok dipakai terus tanpa di rawat dg baik? suami istri dlm Islam derajatnya sama,..justru Islamlah yg mengangkat derajat perempuan …tanpa menganggapnya hanya sbg konco wingking…kembali kepada topik cerita diatas,…itu semua ujian,,,sekaligus tempaan…kita tdk bisa menilai siapa diantara mrk yg benar atau salah,…apakah istrinya yg paling salah..atau justru pemimpinnya? krn memang kita sama-sama seorang murid,..guru kita adalah Allah SWT…
            maka rahasia hati…hanya milik Allah semata…seorang pelacurpun masuk surga hanya krn memberi minum seekor anjing…sesuatu yg tdk masuk akal kita,…krn hati pelacur itu hanya Allah yg tahu…seberapa keimanannya kpdNya..so,yang bisa kita petik dr kisah diatas adalah…seorang pemimpin/imam bukanlah seorang yg otoriter, menang sendiri,semau gue,selalu menyalahkan org lain,,,,tapi seorang pemimpin yg baik adalh seorang yg bisa memberi rasa aman,tentram,damai,sekaligus ngayomi…dan mendidik umatnya di jln yg baik dg contoh dirinya sendiri…
            maka jadilah pemimpin yg baik,..shg kita akan bisa melihat..hasil dari pendidikan yg baik dari seorang pemimpin yg baik pula…

      • arif

        kalo gak paham betul, tentang agama….gak usahlah pakai komentar…..bikin sesat orang.

        • alvin

          waduh salah banget tuh, semua manusia didunia ini gk ada yg benar” paham tentang agama mas semuanya masih bodoh sama seperti kita” semua disini.
          intinya nih koreksi diri anda masing” jangan merasa paling benar da tidak mau disalahkan, setiap komentar yg keluar harus anda terima dengan lapang dada karana itu hak mereka disini bukan hak anda. ingat hidup cuma 1 kali, perbaiki diri anda masing” dan jangan sampai anda yg menjadi seperti cerita diatas .

          Terima kasih.

        • syihab

          justru itulah tanda tanda kebenaran ALLAH yang tersurat dalam kitabnya kalo dalam kehidupan tidak adapoligami berarti ALQURAN bohong semua yang diciptakan ALLAH itu pasti ada hikmahnya

      • sriyanto

        Keduanya boleh asalkan sama-sama ikhlas dan menjalaninya atas nama Allah SWT.

        • mista

          setuju boooozzz

        • idos

          sy sudah sepuluh thn berpoligmi,,,,tapi aman-aman saja. kuncinya mengajarkan anak dan istri tidak hidup matree,,,,semua dijalankan dengan rasa tawadhu. Kami semua bekerja, hidup serumah, saling pengertian, anak-anak kami bisa kuliah baik istri pertama pun istri kedua. Kami jalani semua sebagai ibadah.

          • Muhammad

            Bpk bilang aman, tapi istri2 bpk pasti tdk bilang gtu. Gk logis wanita nerima diduakan, meski kedok syariat. Lain kalo bpk otoriter atau bini2 gk jalan rasio berpikir mrl

      • Baim

        Islam sudah mengatur semua nya..
        Termasuk hal poligami..

        Poligami adalah salah 1 menghrgai wanita….
        Sebagai bkti,,wanita dinikahi dengan resmi..dengan mas kwin jutaan..
        Apa jadinya seorang wanita di pinggir jalan dalam menjajakan barang dagangannya yg sudah sering d pakai puluhan,bahkan ratusan mungkin..

        Islam sudah mngatur itu..islam ckup mnghrgai perempuan…
        Dan..poligami baru bisa..ketika suami sanggup adil …
        Pahami itu….

        • ayu

          ya ALLah mengapa kau berih kan coboaan buat aku terlalu berat aku gx sanggup untuk mengahadap semua ini bagi aku terlalu berat untuk mengahadap semua ini{kalau aku tau suami macam ini aku gx mau nikah sama dia ya ALLah mengapa kau berika kan cobaan kepada aku yg terlalu berat } {kisah nyata} T_T mana suami ku main cwek lgi mana minum _ minuman setiap dia punya uang banyak pasti dia poya_poya kan ke kafe

          • Vendy

            “Laki2 yang baik hanya untuk wanita yang baik.
            Wanita yang baik, hanya untuk laki2 yang baik.
            Pezina laki2 hanya untuk pezina perempuan, pezina perempuan hanya untuk pezina laki2″

            Kalau memang anda adalah wanita yang baik / solehah kemudian saat ini sedang diuji dpt cobaan spt ini (suami selingkuh/zina), maka beruntunglah anda….
            Hikmahnya :
            anda “diberitahu” oleh Allah bagaimana/siapa sejatinya pasangan pilihan anda yg skrg. Dan tentu itu bukan pasangan sejati anda, krn anda org baik. Anda diberi kesempatan kembali utk menemukan pasangan terbaik anda, dan pasti akan ketemu, krn itu sudah janji Allah.

            Soal kenapa kok bisa dpt pasangan yg jelek akhlaqnya (selingkuh)….
            ya itu salah anda sendiri….
            Islam sdh sangat sempurna mengatur hidup ini…..
            sejak awal mau menentukan pilihan pasangan hidup, Islam sdh memberikan rumusannya :
            Jika anda perempuan maka carilah :
            1. laki-laki yg tampan rupawan
            2. laki2 yg berkecukupan/ mapan
            3. laki2 dari keturunan orang baek2
            4. laki2 dg pemahaman dan pengamalan keagamaan yg baek/sempurna

            Itu idealnya…..
            tapi jika sulit kita jumpai 4 kriteria itu berkumpul dalam 1 pribadi, maka yanng paling vital dan penting (harga mati) adalah pribadi yang minimal punya kriteria yg ke-4. Karena hal itulah yg akan menyelamatkan keberlangsungan rumah tangga kedepannya. Kalo skrg malah dibali-balik……kriteria ke-empat yang malah ditinggalkan. Nah…..salah siapa tuh…?

        • baenk

          di dunia ini tak ada yang adil wak…

      • Zoro

        Poligami ertinya melayan wanita secara samarata dan adil. Maksudnya Wanita A di nikahi secara Legal maka jika ada wanita kedua juga wajib di nikahi secara Legal dan bukan salah satu dipermainkan. Yang patut dilarang ialah Lelaki atau Perempuan yang selingkuh tanpa menikah, kerana akibatnya akan lebih menghasilkan zuriat yang tidak tentu asal-usulnya. Kawin/Menikah secara legal (Poligami) adalah demi menjaga keadilan, tapi punya Perempuan/Lelaki simpanan itu zina, pelakunya bacul, penakut, tidak adil dan menzalimi sebelah pihak!

      • Aku

        Bego banget seh irvan nih….

        • aldi

          setujuuuuu…..bnyak belajar irvan tuh

      • hershin sagara

        sebenarnya kesalahan terjadi pada hati kita sendiri gimana menyingkapi hal seperti itu,memang benar islam membolehkan untuk poligami asal memenuhi sarat sarat yang d tentukan dalam al quran dan al hadist,..fakta membuktikan kalau penduduk dunia lebih banyak kaum hawa dari pada kaum adam,itulah kenapa laki laki d perbolehkan untuk poligami.seorang istri harus bisa menerima kodratnya,…jika suami makukan poligami apa mungkin istri jg melakukan poligami??kalau seandainya it terjadi ketika istri punya anak,..siapa ayah dari anak it????allah telah mengatur semuanya,.tanpa tiada yang tau seberapa besar keagungannya karena allah masa esa

      • saeni

        saya malah sepakat klo islam menhalalkan poligami karena sekarang jumlah wanita dan lelaki jauh berbeda

      • sonny

        agama islam tidak mengharamkan poligami. jadi apabila ada umat yg mengatakan dilarang poligami atau tidak boleh poligami. itu sama dengan mengharamkan poligami utk dilakukan. dan sama dengan melampaui kekuasaan Allah. islam tidak menurunkan satu ayat tanpa arti dan makna. Justru poligami adalah perbuatan yg labih halal dunia akhirat daripada berzina.

      • Wati

        Saya sangat tdk setuju karna merugikan

        • Gerot

          Tidaklah sah iman seseorang yg menyangkal hukum allah..

      • Ummu balqis fahrurozi

        Bismillah..
        Ketahuilah whai wnita jnji Allah sngtlah benar syurga tmptnya bgi wnt yg ikhlas mnjalankan polygami,suami bkn milik qt, cnta dunia tdk abadi,cnta d akhrt abadi dn hakiki kejarlah kbhgian d akhrt maka robbku kn mmbrikn ke duanya, suamiku suami yg sholeh..ku relakan kau brpoligamy..smga Alloh menjagamu.. Aq mencntaimu krn Alloh..

      • orangtua

        setuju…. kasihan… napa perempuan selalu dikorbanin..

    • ita

      tp napa t2p bnyk yang poligami??

      • Alan

        Gak masalah buat kmu selingkuh.

      • arif

        Mang laki tuh dah kodratnya poligami…..syang
        tapi tuk aplikasi itu mah masalah persons.

    • pamungkas

      klo yg merasa islam….
      dunia itu penjaranya orang iman dan surganya orang kafir….
      allah sudah membuat peraturan untuk menguji hambanya sekaligus mengatur perbuatan hambanya…..
      tentang perasaan itu nomer seribu,,,,
      sekarang lebih milih perasaan ato hukum agama sekaligus surganya allah…..???????
      poligama sudah hukum agama dan tak boleh terbantahkan,tp prianya jg harus mengerti keadaan wanitanya jg…..

      skrng simple jawabnya

      tinggal milih sura atau neraka……..

      neraka adalah tempat penyiksaan yang kekal abadi selamanya
      orang yg berzina tempatnya di neraka….

      • arif

        sok thu neeeeg……blgu bnget

        • young

          inilah jawaban untuk orang yang menolak nasehat

    • fuji_chan

      Weleh, kasian juga dong ya para perempuan islam….di lukai terus karena poligami….sedangkan pria islam nya enak punya istri 2….kok ngak adil bgt ya ?

      • Squidy

        Emang berapa persen? 68% kah pria2 muslim indonesia berpoligami?

        • mawan

          poligami yang di contohkan oleh rasulullah itu ketika dia kehilangan istri peertamanya siti khadijah…
          lalu karena menganggung beban kerasulan yang sangat berat maka di perbolehkanlah poligami dengan tujuan membela dan mengangkat derajat kaum wanita yang shalehah yang ditinggalkan suaminya pada saat perang dan sudah tua tidak memiliki sanak sodara
          bukannya yang masih muda cantik kaya dll

        • AKULAH KORBAN

          Selingkuh itu kebejatan moral laki2 dan perempuan. Kalian mengasihani perempuan sebagai korban. Faktanya keliru. Isteriku setahun yll selingkuh dan sudah terlalu jauh melakukan di hotel 6 kali tapi berdasarkan pengakuannya tidak melakukan hub suami isteri, hanya sebatas oral sex. Aku ragu dengan pengakuannya… sampai saat ini pun. Tapi aku berusaha memaafkan dan menerimanya. Rasa perih di ulu hati dan dada sering berdebar masih saya alami sampai saat ini. Dunia serasa kosong dan sulit tidur. Aku tidak balas dendam dengan ikut2an selingkuh. Perlu anda ketahui, sayalah yang selama ini bekerja dan menghidupinya. Pertanyaannya : Andai anda jadi saya… percayakah dengan pengakuan isteri yang tidak melakukan hubungan suami isteri di kamar hotel-hotel tersebut?? Mengapa anda berpendapat demikian? Berikan argumentasi yang bisa meyakinkan aku. Aku juga berharap pendapat dan nasehat. Thanks.

          • Mar’s

            kawan, pola fikir manusia memang beragam, justru agama menjadi tuntunan agar keragaman berfikir bisa teratur dan tdk kebablasan, dalam hukum Islam ( kelihatannya extreme banget nih ), seorang Istri yg sdh berani menerima dan memasukkan tamu laki2 yang bukan muhrimnya ke dalam rumahnya tanpa seizin suaminya itu sudah haram, dilarang, dosa, apalg keluar rumah bahkan ke hotel untuk berbuat maksiat, apalagi smp 6 X ( rasa2nya koq mustahil kalo hanya cuma oral sex saja ), sungguh ibarat orang berjalan bukan sekedar kepleset, tp sdh njeblosin diri kelembah dosa, msh adakah ampunan bg mereka? dalam Hukum Islam di jelaskan Brg siapa yg melakukan zina, kalo dia blm pernah berumah tangga, hukuman sbgai penebus dosanya adalah badannya dicambuk hingga seratus kali, kalau yang berzina sudah berkeluarga hukuman sebagai penebus dosanya tsb yaitu badannya di kubur hingga tinggal kepalanya saja, kemudian dilempari batu hingga mati. Kawan…..barangkali kita jg perlu menyikapi sebuah contoh dalam Hadist, ketika Nabi Sulaiman yang menyuruh anaknya yaitu Nabi Isma’il untuk menceraikan istrinya dengan istilah suruh ganti daun pintunya, masalahnya, hanya ketika istri N. Isma’il menyampaikan kepada sang mertua (N. Ibrahim ) bahwa dia tidak pernah merasa dibahagiakan suami ( N. Isma’il ) dan senang menceritakan keburukan pribadi/aib suaminya.
            Kawan….ini hanya sekedar masukan, silahkan anda ambil hikmahnya. tks

          • Aki

            Ckckckck…..hebat. Jujur kalo istri saya melakukan hal itu, saya TALAK 3.
            Alhamdulillah istri saya betah dirumah.
            Cuma suami bodoh yang membiarkan istrinya kerja kantoran.

          • madu dgn rstu

            g mngkin lh brduaan g ngapa2in,ngpain mrk ngulangin kl bkn krn ktgihan? msh bs y ngasih maaf…

          • AKULAH KORBAN

            Thanks bwt Mar’s, Aki, dan Madu. Terimakasih atas pendapat dan saran2nya. Koreksi untuk Bung Aki… isteri saya tidak kerja. Sayalah yang bekerja buat keluarga dan seluruh gaji saya serahkan ke isteri untuk dikelola. Mengapa saya di rubrik ini?? Karena saya di persimpangan dan bimbang. Disatu sisi… saya ingin patuhi perintah Allah dan sabda Rasulullah. Tetapi di sisi lain… 3(tiga) orang anakku akan hancur dan mananggung beban mental. Mereka tidak bersalah. Pilihan bertahan memang pahit. Tapi saat ini aku masih berpendapat… cukup aku yang jadi korban. Di sisi lain lagi… aku tak lagi merasa bahagia… sampai detik ini. Aku tidak betah di rumah. Tapi aku tidak keluyuran. Aku habiskan waktu di kantor dan kerja sosial kemanusiaan. Aku suntuk di barak2 pengungsian korban bencana hanya sekedar pelarian. Ada hal lain… bagaimana dengan ibuku apabila kabar ini didengar beliau yang sudah 70 thn lebih. Beliau ada lemah jantung. Apakah ini tidak beresiko?? Mungkin aku terlalu banyak pertimbangan kali ya?? Aku mohon nasehat agar aku memiliki ketetapan hati yang benar dalam mengambil keputusan. Tentu saja keputusan yang diridhoi Allah. Keputusan yang tetap dijalan Allah. Amin yra.

          • burhan

            kawan cobalah banyak beribadah dan anggaplah itu cobaan dari ALLAH SWT..
            tapi kawan kalau aku jadi dirimu masalah ini harusnya udah selesai 1 th yg lalu bukan dilarut2kan kayak gini..
            tapi yg pasti kita harus berani ambil resiko sebesar apapun dan berdoa moga2 ada hikmah dibalik semua ini……..

          • supriyadi

            klo’ wanita berada di hotel bersama laki-laki dan dia tidak melakukan hubungan suami istri mustahil,dia pasti sudah melakukannya apalagi selama 6 kali bertemu di hotel dan merupakan istri yang pastinya butuh kehangatan dan belaian dari laki-laki sedangkan mungkin anda kurang memperhatikan kebutuhan biologis atau bahkan anda tidak bisa memuaskan hasrat istri anda dan nyakinlah bahwa dia (istri anda) sudah melakukannya bersama laki-laki itu

      • lepaskan_mimpi

        siapa bilang pria islam enak punya istri lebih dari 2 ??
        jika pria islam ingin berpoligami , pria islam di WAJIBKAN untuk adil terhadap istri-istrinya .
        Jika salah 1 istri tidak merasa di adili , ato terdapat dengki dan iri di antara mereka , maka sang suamii lah yang mendapatkan DOSA ..
        Bayangkan saja jika setia harinya sang istri selalu merasa iri dan dengki , berapa banyak kah DOSA sang suami .

        Lebih beresiko bagi suami jika ingin berpoligami ..
        Karena sesungguhnya sangat jarang sekali Pria yang bisa adil .

        Karena itu , Lebih baik mengutamakan SURGA ALLAH dan SURGA KELUARGA daripada SURGA DUNIA yg selalu menuruti HAWA NAFSU belaka..

        • cros

          heran kalian pda ributin yg jelas2 dosa mank hukum islam 100 persen bnar mank di dunia cuman islam doank
          dalam agama GUA KRISTEN ada namax hukum kasih n uda jd hakekatx yg di persatukan oleh tuhan tdk boleh di pish kan kcuali dead
          jd namax poligami uda pasti salah yg dbat bgo mslh itu jujur aja lah maniak semua loe
          maniak sex
          uda tau dosa msh aja ber alibi
          BODOK. , .

          • Gerot

            d dunia ini cuma ada 1 agama yaitu islam…
            yg lain cuma keyakinan sesat…
            Yesus(Nabi Isa)bukan orang yg sesat dan gag pernah mengajarkan Kristen..
            kristen tu ajaran yg d buat oleh paus…
            Injil kitab yg d turunkan kpada Nabi Isa..umat islam mengimani kitab itu… tapi para pendeta dan paus mengubah isinya sehingga lahirlah Bible, Alkitab dan yg lainnya..
            wkwkwkwk

        • Gerot

          adil tu gag pakai perasaan…
          adil juga bukan memberi dengan sama rata…
          adil tu menempatkan sesuatu pada tempatnya dan sesuai porsinya…

          adilkah jika suami 2 malam drmah istri muda dan 1 malam drmah istri tua…?
          adil.. istri muda baru sedangkan yg tua dah sering brsama suami…

          adilkah uang belanja istri tua lebih banyak dbanding isti muda..?
          adil karna istri tua sdah branak, kbutuhannya lbih banyak…
          pahamilah arti adil tu…

      • zaka uddin

        Islam bukan begitu, poligami boleh atas seorang suami tp istri boleh menolaknya.. seorang yang poligami sebenarnya mrk, klo menurut sy belum dan tidak melaksanakan sunnah nabi sepenuhnya (dalam pandangan poligaminya bukan sunnah lainnya) krn nabi itu poligami krn beberapa alasan. coba baca buku sebab-sebab pernikahan nabi. jangan memandang poligami nabi itu dg sebelah mata, itulah bodohnya orang indonesia yang tidak mau berfikir…. bisanya niru aja, tampa tahu bagaimana kerangkanya dan alurnya, yang penting niru tok.

        • Mar’s

          berdasarkan Al Qur’an Surat An Nisya ayat 3, sama sekali tdk disebutkan bahwa suami poligami harus mendapat persetujuan dari istri, hanya kalo suami poligami hendaknya memberitaukan kepada istri2nya agar kelak jk suami meninggal, mereka mendapatkan hak waris yg sama. artinya, istri boleh punya hak untuk tdk setuju suaminya berpoligami, tetapi tak bs membatalkan demi hukum Islam jk suami tetap melakukannya selama masih dalam koridor Islam.
          meskipun poligami halal ( tanpa hrs melihat bgmn nabi berpoligami ) poligami bisa membuat Istri yg Ikhlas akan mendpt syurga yg jauh lbh tinggi, dan jg bisa membuat suami msk neraka jk tdk mampu berbuat adil. yang dikatakan adil itu bkn berarti hrs membagi 2 atau 3 atau 4 bagian yg sama, tatapi disesuaikan dg kebutuhan, artinya unsur keihlasan menjd sesuatu yg utama.
          masalahnya sekarang….seberapa besar peran suami dalam memberikan nasehat guna membawa istri2nya menjadi istri2 yg Ikhlas…?

      • wonk ndeso

        silahkan yang mau poligami,nabi poligami bukan untuk nafsu…..tapi ,memberi contoh umat bagaimana berbuat adil….kalau kiya bisa adil seperti nabi why not……dari pada kita lihat diluar negri bahkan didalam negri sendiri….dampak dari kumpul kebo….karena takut tuk poligami…..perempuan hamil diluar nikah, aborsi, prostitusi merajalela…mereka sudah sprt hewan asal ada betina sikat aja….gak tau milik orang atau bukan…..sekali lagi yang yang terpuruk pasti wanita…..yg laki tinggal pergi lenggang kangkung……makanya dalam islam da hkm poligami…..barokallahu lakum….

        • ujur

          seep mas, pancen gombal kiok ajaran poligami, sejauh itu merugikan kok ms ada agama yg mendukungnya..Poligami iku sm sj menganggap Alloh tidak adil menciptakan mhluk hdp brpasang-pasangan..seolah2 Alloh tidak mampu menciptakan jodoh buat seorang wanita rendah skalipun.
          Ngene ae mas, segala sesuatu perlu diuji, tanya sm semua anak2 di muka bumi ini apakh mereka setuju bapakne kawin lagi..
          ? Nek persentasene paling besar jwb “iya” tak acungke jempol..nek sebaliknya itu brarti poligami bukan perintah alloh,. Cuma penafsiran ga jelas..ojo ditiru ya.. Wassalam..

          • budi

            yah memang didalam islam tidak ada paksaan mau beriman(diatur Allah)secara keseluruhan silahkan,mau setengah setengah silahkan atau hanya dibibir saja (munafik)silahkan. karena itu semua akan mendapatkan balasannya nanti di yaumil masyr. jadi tergantung personnya saja gitu yach.

      • yanto

        Islam membolehkan poligami dengan syarat yang sangat berat, antara lain adil, kerelaan istri I, mampu. menurut saya poligami justru mengangkat derajat wanita, karena kita harus sadar bahwa didunia wanita lebih banyak, kalau tidak boleh poligami siapa yang mencarikan nafkah para wanita yang tidak memiliki suami, marilah kita berbagi kebahagiaan dengan sesama wanita atau justru kita membiarkan para wanita yang tidak bersuami ketempat pelacuran? untuk memuaskan nafsunya? lebih tinggi mana derajatnya ke tempat pelacuran atau dipoligami, betapa nistanya jika hal itu terjadi,mari kita berpikir yang jernih, karena itu asalkan syaratnya terpenuhi silahkan aja berpoligami! kalau tidak mampu ya cukup satu!

      • netral

        maaf broow… bukan wanita islam aja yg skt hati krn pologami…. wanita agama lain juga bs sakit hati……

        intinya koreksi diri aja… kok jd mlh ribut d sini… biarin aja yg menilai tuhan bukan mlh kalian yg report, kalian aja blum tentu bisa mengatasi klo d kasi cobaan ky gt, inget brow… klo tuhan menghendaki apapun bisa terjadi… makanya jg suka takabur n slalu jadi sok penasehat

        thnks

        • burhan

          sip bro aku setuju……mereka hanya bisa bilang karna belum mereka jalani coba kalau udah bisa2 lupa semua apa yg dibilang nya sendiri…..yg jelas berdoa dan minta biar dikuatkan imannya…tp kalau terjadi juga ya itu urusan kalian rumah tangga sama tuhan kalian lah atau allah swt

      • Zoro

        Apakah kamu tidak lebih kesian dengan mereka yang bukan berugama Islam, tanpa ada daftar berapa persen yang selingkuh dan melakukan hubungan haram dengan beberapa perempuan sekali gus?

        • aldi

          w islam tidak mau tau masalah diluar islam…..bergaul aja tidak mau ….

        • Irwan

          Bung. Apa anda jamin kalau sudah berpoligami tak akan selingkuh lagi????????? Hm……Kalau yang dasarnya tukang doyan kawin biar seribu isterinya pasti masih tergiur cewek cantik lainnya …!

      • bintang kelana

        Masalah poliami itu sudah hak mutlak bg laki2, masalahnya y menjalnkanyasaja apa sdh dpt mmbagi waktu dll
        Maka perlunya llmu dsini,dan bkn nafsu,maka buat org2 yg gak tahu hkum islam jjgn bicara asal,krn itu kkeliru

        Perempuan itu martabatnya sgt hebat,bayagnkan dlm usaha agama 1 prmn berbandng 70 lk2, itu menandakan bahwa allah bersifat. Adil bukan?
        Tingginya martabat perempuan, sbhanallah..dia abadikan dlm alquran jga…cobalah prmn renungkan!!

        Buat prmn2 yg katanya sering dikhanati lk2, lebh baik cerai drpd memablas seelingkuh, masalah anak harta serahkan sm allah

        Kalau masih bs balikan, ya balikan saja ya?

      • Nabi muhamad

        wanita islam sangat goblok sh…..!!

    • d’arien

      saya juga stuju dg rekan” yg laen” POLIGAMI!!!!!—NO—WAYY—-!!!” HANYA AKAN MENCIPTAKAN MASALAH N DOSA BARU”

      • desya

        selingkuh…no way..!!!!
        poligami….no way..!!!!
        apapun alasannya..pokoknya gak bisa..gak bisa…

        Org yang ngerti agama kyk Aa Gym aza gak b’hasil poligami..
        Wanita untuk dicintai bukan untuk disakiti..^_^

        • Girl

          setuju banget tuh…..
          krn buktinya kbnyakan poligami tu gatot alias gagal total!!!
          mna da cwe yg ikhlas dimadu….
          kl da tu 0,00000000 sekian %. bnyakn trpaksa mnerima,n bnyakn tu poligami krn nafsu,. jiah….. no no no

      • Gerot

        Gag ada dosa untuk poligami…
        HALAL gaaannn…

        • elyn bentazx

          ea itu menurut kmu,, n pastinya orang yg brfrilaku kyak gtu, sangat tercela, tidak mempunyai agama,, n moral

    • ari ardiyansyah

      benar…. lakukanlah yg terbaik walaupun orang yg anda sayangi selama ini telah menghianati anda tapi tak seharusnya tidak membalasnya begitu jg…

    • dade

      km harus sabar senuah itu pasti ada coba,an
      sekarang km harus sadar.selingkuh itu g baik,d rarang sama agama.
      janggan sampai d ulanggi kedua kali.y ok

    • zee

      kesabaran adalah jalan yang terbaik

    • w n

      oya laki “boleh nikah 2kali.n gimana kalau perempuan ingin punya suami 2…?

      • Nabi muhamad

        permpuan bolh 7x nikah koq….!!

    • avero

      Coba renungkan bersama , kalo di dunia dilarang poligami. Tuh di Barat. Poligami resmi emang dilarang. tapi Poligami illegal marak dimana-mana? Huh.. Lebih parah. Banyak istri dibohongin. Liat tuh para pemain Sepakbola Inggris yang duitnya melimpah. 80 % punya selingkuhan. Main ama pelacur. Tak dapat dibantah bahwa laki-laki super sukses, duit melimpah, banyak yang punya hasrat berlebih ingin nambah bini lagi. (Meski emang ada juga yang kagak mau. Mungkin Takut bini ama sorotan masyarakat) Gak dapat disangkal. Ini sama saja mau muslim kek, Kristen kek, Yahudi kek.Nah agama Islam beri solusi untuk mereka yang berhasrat lebih dengan berbagai persyaratan.So Tuhan maha Bijak. Emang Ia titipkan hasrat biologis Pria yang beda dengan wanita.Jangan lupa peradaban dunia selain Islam juga mengenal Poligami.Liat tuh Raja-raja di Yunani, Afrika, India, China dll.

      • Irwan

        Haha… apa jaminan poligami tak menghendaki kawin yang lain lagi….? Hm……Kalau yang dasarnya tukang doyan kawin biar seribu isterinya pasti masih tergiur cewek cantik lainnya …!Jadi poligami tak jaminan untuk tidak berselingkuh………!

        • bismillah

          lu ngomong kayak gitu emang lu kayak gitu….

    • sapek

      selingkuh…itu…indah…

      • star

        yupp…krn kecewa dg suami, akhirnya ku pilih aja salah satu orang yang udah lama ngejar2 aku. Sampai skrg aku msh selingkuh dg dia yang benar2 telah melengkapi hidupku yang slalu teraniaya secara batin. Yah…dia layaknya hujan yang turun saat kemarau panjang.

      • assyid

        terkadang apa yang kita benci adalah sesuatu yang terbaik untuk kita, dan terkadang sesuatu yang kita suka adalah sesuatu yang buruk bagi kita

    • pitri

      ini lah aku kalau aku tauh suami ku selingku aku gx mau nikah sama di lelaki bajingan dasar pengihanat lelaki macam apa itu gx setia itu ya gx mana peminum mana main cwek

    • ndut

      q pun bgtu mencintai suamiq…sampai pada akhrnya q tau d bermain prempuan lain>>tapi q mencoba bertahan q ykin hanya ada satu wanita d hatinya yaitu aku,,,,,

    • aras

      hidup itu ujian maka nilai yang paling bagus adalah menyelesaikan masalah hidup ddengan agama

    • kuku

      aku ga mendukung tentang laki laki bisa poligami,,,itu hal yang salah

      • Gerot

        gag pernah belajar agama yaa broo…
        poligami HALAL brooo

    • Dewik

      Saya ikut prihatin dengan Rumah Tangga Anda, Walaupun Saya masih baru berumah tangga , saya sangat terharu dengan keadaan itu menurut saya mending minta cerai ke Suami, Trs bertaubatlah ke jalan Allah …

    • jeje

      assalamualaikum

    • susana

      perceraian yang sehat lebih baik dari pada pernikahan yang sakit. atau memilih melanjutkan tapi harus menerima dengan legowo. kalo hidup seperti itu sampai kapan anda akan berthahan? pilihan yang salah hanya akan membuat kita sakit. kita harus bahagia dengan jalan yang sehat

    • Iwan

      Saya setuju dengan mas andre,kalau memang tidak suka,ya…minta cerai saja,terus menikahlah dengan pria lain.

    • metty

      tapi ini memang benar2 gak adil,… dan sangat egois,.. MENGAPA pria bisa POLYGAMI dan halal hukumnya,…sedangkan wanita gak boleh,….benar2 egois kaum laki2

  • jojo

    Membalas kelakuan swami,itu tdk akan menyelesaikan mslh anda,justru memperumit permslhan. Saat anda bersm haris,mgkn membuat anda trasa bhgya,tp itu tak akan berlngsg lama. Stlh haris pergi,mk pikiran anda akan lbh kalut dr sblmnya. Munkin lbh baik bila mengkomunikasikan permslhan sesungguhnya dg suami anda,bila perlu libatkan orng ke 3 yg bisa kasih input terbaik mnrt anda ( ortu,ato Ustad misalnya ). Dan bersabar dan sabar adl jln terbaik…Keluhkan permslhan anda pd “yg mengatur kehidupan”ini..pasti akan dpt jln keluar yg lebih bijaksana…

    • haura

      setuju…….

  • darma

    yang sabar aja. semua akan indah pada waktunya. yang penting kuat, sabar dan banyak berdoa

    • adel

      betul kt herdi , dendam bukan jln keluar , semua mslh psti ada jln keluar , inti nya sebagai manusia , kita hanya bisa bersabar , dan berdoa tawaqal ,

  • dedi herawan

    cari solusi yg melibatkan keduanya,yaitu anda dan suami anda..bicarakn dgn kpla dngin..insya allah,,Allah akn mmbrikan jalan yg trbaik..amiinn..

  • yulies

    keluarlah dari perbuatan dosa. Ambillah segi positif dari masalah ini, dengan melakukan kegiatan yang membawa manfaat untuk perbaikan kualitas diri (kursus atau pendalaman agama).Semoga bahagia dunia dan akherat. amin.

  • elsye

    Anda yang sabar ya ,tapi alangkah baiknya ambil keputusan
    Antara ardi dan haris.

    • Cindy

      Saya pernah punya suami.. Suami saya punya istri lagi.. Saya kecewa akhirnya saya minta cerai

      • dongok

        udah kawin lagi belum neng, jangan kelamaan nganggur lho, gak enak.

  • permata

    untuk dari itu sebagai perempuan kita ga boleh lemah..jgn terlalu bergantung pada lelaki..sehingga tidak bisa berkutik.. jadi perempuan harus mandiri,jgn terlalu mengandalkan suami.bagi suami yg ga tau diri bakal nginjak2 kaum perempuan dengan kuasanya…bakal seenaknya saja.kadangan yg tau diri aja bisa selingkuh,gimana yg ga tau diri

  • asep

    menurut saya mendingan anda kembali ke jalan Alloh menyerahkan harga diri dengan dalih balas dendam bodoh, malah mengghancurkan nasib anda diakhirat ingat hidup tidak hanya di dunia.

  • Yuni

    Aku jg punya permasalahan yg hampir sama. Aku memergoki suamiku yg punya selingkuhan. Aku kecewa berat dan aku gugat cerai dia. dua bulan sblm putusan pengadilan, tanpa disengaja aku dekat dgn teman kantorku krn sering curhat. Dari sana ada kedekatan emosi. Pria itu sudah beristri. Akhirnya kami pun saling cinta. Memang hub kmi tdk sampai jauh sekali. Baru sekedar berciuman. Sering aku merasa bersalah thdp istri temanku itu, karena aku pernah diposisi yg sama. kmi saling mencintai dan sulit mengakhirinya.

    • OPICK

      dang tobat,dosa orang berzina 72 thun amal ibadahnya tdak di terima bagi orang islam

    • Deni

      Trnyata km jg ngrasain jd slingkuhan suami org ya, gmana rasanya yun

    • triant

      diakhiri sj yun, sakit sekali sekiranya istrinya tahu…. karena aku pernah dlm posisi itu. km pernah mersakan sakit dikhianati knp km jg bkelakuan spt itu bearti kamu membenarkan kelakuan prmpuan yg sdh mhancurkan perkawinanmu. kunci adanya pselingkuhan karena prmpuan mau, kalo laki-laki mmg sudah kodratnya mjd penggoda, ditanggapi alhmdllah gak ditanggapi jg ga’ masalah

  • raras

    mungkin kesabaran anda sedang diuji, mungkin dia pengen sakedar cari variasi saja tp percayalah suatu saat ia akn kembali pd anda bila anda ttp melayaninya dg baik. saya yakin anda mencintainya dan g.ada yg dpt menggantikan posisi dia dihati anda. kita senasib teman. . . .

  • pudindin22

    Saran saya, anda minta cerai saja pada suami dengan cara baik2 dan nikahlah dengan haris, kalau tidak dosapun kian mengunung, apalagi seandainya anda hamil dari buahnya haris……… apa jadinya.

  • hamdy

    kmu hgrus sabarrrrrrrrrrrrrr,jangan di blas selingkuh lh……….

  • wiwit

    kalau gue sih lu sah sah aja …emang sih orang bisanya bilang itu dosa,kamu harus sabar,atau bicara baik baik amas suami….basi !!!
    udah jelas disitu tertulis suami akan tetap memenuhi kebutuhan asalkan tidak mempersoalkan perkawinan tsb…..mungkin suami mempunyai istri lagi atau memperistri wanita itu bisa saja karena wanita itu hamil,atau bisa juga pada saat berduaan ditangkap warga dan dipaksa kawin n masih banyak lagi sebabnya …atau juga lu nya yang ga intropeksi apakah selama ini kamu merasa enjoy sehingga kamu tidak mau merawat diri seperti pada saat kamu masih pacaran ama dia….atau selama dirumah apakah suami merasa disurga atau dineraka??? …pada saat berhubungan intim kamu hanya bersikap konvensional sehingga terjadi kebosanan…nah banyak hal kan ….so jangan salahkan 1 sisi aja (khusus u komentator) ….yg terpenting sekarang kamu manfaatkan dulu dana yang ada,buat usaha dan kamu kelola sendiri sesuai kemampuan kamu…kalau ga punya keahlian kerjasama dengan orang lain /waralaba dan kembangkan tuh usaha lu…ingat jangan sampai suami tahu….nah setelah berjalanya waktu usaha lu berkembang dan berhasil ga…kalau kira kira bisa buat hidup sehari hari dan sedikit menabung lu punya power …nah baru bicara lu masih mau dimadu atau ga?…soal selingkuhanmu jangan bicarakan cinta dulu apalagi menikah …liat dulu apa dia(haris) adalah tipe seorang suami atau hanya tipe petualangan??? ….so kalau bicara dosa..agama manapun udah tersurat dan tersirat…tapi sorry sorry aja kalau “barang kita” sudah dimainin ama lain jenis bullshit kalau ga napsu…tapi kalau lu udah ada kegiatan dan ksibukan pastinya itu lama lama akan berkurang dengan sendirinya……ok jadi lu tetap semangat aja …ingat masih panjang hidup ini…

    • Musta

      Bagaimanapun selingkuh adalah dosa,dalam agama apapun saya kira. Dalam masalah yg dihadapi oleh ibu ini masih banyak jln keluar agar selingkuh tdk perlu terjadi. Sy tdk ingin mengatakan bahwa ibu ini jauh dari agama yg ia anut tapi itu benar adanya. Krn kalo ia dekat dgn Tuhan tentu Tuhannya akan membimbingnya ke hal yg baik,tdk mgkn Tuhan membiarkannya kalo ia mmg mau berusaha utk mengubahnya. Dalam Al-Quran Allah berfirman,”Allah tidak akan mengubah sebuah kaum sehingga kaum itu mengubah dirinya sendiri”. Artinya,kalo kita ingin baik maka kita harus berusaha utk itu.

  • vhia

    kalo aq sii…biarin aja suami nikah lagie….labelnya kan nikah..bkn hub terlarang…lagian wanita bersyukur dunk….pekerjaannya jd terbantu krn ada istri yg lain….tul gak…?

    • Deni

      Vhia betul juga, tapi suami harus ijin istri dulu dan harus adil nafkahin lahir batin

      • madu dgn rstu

        tau ga sh…poligami …jd yg muda ja g asiik,pa lg jd yg tua..tp blk lg sm sang imam RT gmn cr dy mmprlakukn istri2′y.

  • kapten pethuk

    janganlah cepat ambil keputusan yg cuma sesaat,,,
    sbg insan mahluk tuhan,,,
    kita di beri akal tuk ber fikir, ber doa, jg tuk ber usaha,,,
    maka,,,
    sesungguhnya,,, kita sbg manusia ibarat wayang,,,,
    dan tuhan lah sbg dalang nya,,,
    yg sabar yaa,,, semua pasti ada hikmah nya

  • aamkamli

    jangan berbuat dosa yg bertambah kembali ke jalan yg benar kuncinya sabar, dan tawadhu serta berdo’a mohon di berikan hidayah tuk misua dan kembali menyayangi diri anda tks.wass

  • zeema

    ………….harusnya isteri mengerti apa kekurangannya dan membuat kenyamanan dipandang suami atau lebih mengerti keinginan suami yang harus bagaimana agar suami gak ke WIL…..

  • imran rudhi sahara

    gila

  • Ana

    Binggung y.. Coz gue juga dlm situasi yg sama

  • Aldi

    Ambilah keputusan yg matang, apabila anda berselingkuh itu selain hubngan yg tdak jelas anda selalu di hantui dengan dosa perbanyaklah beribadah n mendekatkan diri kepda Allah karna hnya kpadanyalah kta akn merasa nyaman dan di brikan petunjuk…

    • adhit

      Klo mw selingkuh sm gw juga boleh.

      • ade

        kalau terus dibalas dgn perselingkuhan tidak akan ada habisnya, harus diputuskan apakah iklas/tdk suami menikah lagi kalau tdk mintalah cerai dgn segala konsekuensinya. jangan ikut arus dan terbawa lingkaran setan yg akhirnya akan menjerumuskan anda ke dalam masalah yg lbh rumit. anda sudah rugi 2x, sudah makan ati skr malah berbuat dosa. ingatlah di dunia ini ada hukum sebab akibat, yg berbuat baik akan mendapat hasil yg baik pula. percayalah anda akan mendapatkan jodoh yg baik apabila anda berbuat baik.

  • yulia

    belajar untuk ikhlas, istri yang menerima dengan ikhlas suami menikah lagi.. Maka akan dijadikan ahli surga oleh Alloh.. Dunia hanya sesaat sis.. Hidup yg kekal abadi selamanya yaitu akhirat.

    • rini usman

      sikapi masalah ini dengan bijaksana,,,cari moment yg tepat buat ngebahas masalah ini,,,kalau perlu pakai rumus (5 w)…..prinsip gw satu suami satu istri kecuali : 1 istri tdk mampu menjalani kewajiban lahir batin..2 istri dgn ikhlas nyerahin suaminya buat nikah lagi,,,amit-amit SATU BARANG MILIK RAME-RAME..JIJIK GW NGEBAYANGINNYA….mudah2an lu dapat ngambil keputusan yang tepat buat semua pihak.,.,soal lu blas selingkuh lagi yg rugi mah dirimu jua,,,ingat penyakit HIV/AIDS mengintai buat orang yg hobyy free sex……deal sist.,.

  • kodhep

    Hadapi saja…

  • Pamekas

    Nikah

  • Ibnu Rohim

    yg sabar ja ea….

  • dendy

    tul itu klu istri bs iklas suami poligami karena allah sorga balasannya ibu.

  • Oman

    Komunikasikan semua dengan baik pada suami, segera berhenti selingkuh itu dosa besar

  • ade

    cerai aja km berhak bahagia jgn pilih ardi ato haris mrk laki2 yg egois,keluardari keribetan ini, mulailah dari nol urusan sepiring nasi jadi pemulung kek sapa tau ktemu bos pemulng duda…hee..

  • nita

    aq pernah bicara sama suami q yg ketauan selingkuh ” mas..km berhak bahagia akupun demikian kalo km mrsa hidup dg q tak bahagia silahkn km mencari wanita lain 2, 3, atau 4 tp ceraikn dl aq, aq jg berhak bahagia dg laki2 lain aku insya Allah akan dapat jodoh lg begitupun km tapi bagaimana dg anak2 kt aq ga sanggup melemparkn kotoran ke muka mrk, aq ga sanggup bahagia diatas penderitaan anak2 q, mrk msh lum dewasa mrk ga ngerti tentang permasalahn kt, mereka darah daging kt yg hrs dipertanggung jawabkn dunia akherat, mrk cinta kt walaupun cinta itu mulai surut…mas berkorbanlah untuk anak2 kt untuk keluarga besar kt yg selalu kompak kala kt berkumpul..ah..aq yakin kebahagianmu bukan pd perempuan2 imajinasimu..tp ada di keluargamu…”suami q terdiam dan sampai hari ini dia tak selingkuh lg….atau dia lbh rapi selingkuh hingga ga ketauan….au..ah gelap

    • Farijah

      idih mba… kaya gadis gaul aj make au .. ah.. gelap…. wkwkwkwkwkwk piss.com

    • Mas holland

      Buat mba ana yg pny mslah yg sm! Hrap cri solusi terbaik..usahan sperti mba yulia yg bs atasi smua itu dgn bijaksna…

    • Irwan

      Ini perempuan yang cerdik dan bijaksana…..!

    • pipiek

      ini yang paling tepat buatku..menyentuh..

      • Alamsyah

        maksudnya menyentuh bagaimana, apakah mempunyai pengalaman yang sama

  • mikha

    astgfirullah

  • santo

    hajarrrr trus kan selingkuh tu enak lanjutkan …..

  • sok tahu

    terusin aja…. neraka masih ada tempat untuk kamu tepati bersama selingkuhanmu

    • indra

      klo ada permasalahan keluarga,share aja ke aku

      • Lestari

        klau dah share, apa kasih solusinya juga?
        Cos, aq juga punya masalah keluarga nih!

  • ordinarypeople

    comment yg masuk akal cuma dari wiwit…(buat yg fanatik bisa memperpanjang dgn pertanyaan: akal siapa, bla bla bla…)

  • Umu

    Poligami sih boleh, tapi syaratnya harus adil
    yg jadi pertanyaan bisa gak adil utk suami2 yang poligami..
    Klo gak bisa dosa ada di pundak suami..

    • Irwan

      Orang yang tiba2 berpoligami adalah pembohong Dia membohongi isterinya atas janjinya ketika mau melamar : Kaulah bulanku, kaulah bintangku takkan kusakiti engkau. Hanya engkau seorang yang kucintai seumur hidupku (tanpa embel2 :kecuali kalau kepepet)Nah sekarang jatuh cinta dengan yang lain. Kan pembohong itu Apalagi dengan alasan : “daripada berzinah” Siapa juga yang nyuruh berzinah? Daripada berzinah kan lebih baik kerja tambahan nyari duit halal. Betul, nggak?

  • hend

    terus terang gue ngak setuju POLIGAMI

    • roy

      ya ga usah kawin aja loe, hidup aja sendirian kan enak ga sakit hati ga ada yg selingkuhin & ga ada yg poligamiin

    • roy

      hidup penuh perjuangan, penuh resiko tergantung anda menyikapinya.
      tergantung anda jg kalo anda ga mau ada poligami ya musti ngerti paham kompak dengan pasangan anda

  • daru yamaru

    Sabar..yang punbya semuanya adalah Allah buktikan mbak ke dia kalu kita yang terbaik dari pada perempuan itu, layani dengan baik.nanti dia tau kok mana nafsu mana cinta suci…Allah maha Besar…kalo dizolimin berdoa saja mbak…insya Allah Allah maha Mendengar

  • daru yamaru

    saya juga merasakannya kok..paling pedih memang , tapi jgn lupa sama Allah…kalo terjerumus juga wahhhhhhhh….tambah kacau

  • igoe

    wah
    sapa y salah ya ????

    jawaban’a adalah
    dua2′a salah
    knpa ???
    sang suami ,udah slingkuh prtama ,maen nikah aja ,ga blang uga
    kq alasan’a poligami tu boleh ,nah sang suami tau ga dasar2 hukum n dalil’a(jika muslim ya)

    sang istri ,mank berat ujian’a tu mbak ,tapi ga gtu jga jawaban’a
    tu mbak udah dkuasai ma hawa nafsu
    y mbak rasakan ma mas Haris tu bukan cinta tapi hawa nafsu (bersifat sesaat)
    mbak bsa blg skrg cnta ,tpi dlam artian sbenar’a tu hawa nafsu

  • guest

    terlanjur enak yah..?
    Hati-hati ketaGIHAN LHO…!

  • nanang

    Kalo Dah Ketagian ANCOR ……?????DECh

  • deny

    sepertinya yg punya cerita malah ga koomen! He he he

  • Widy

    Yg jls, islam sangat sempurna dan bijaksana. Tetapi banyak org berpoligami tanpa mengetahui persyaratanya dan telah melanggar syarat berpoligami dlm islam. Dan kesalahan para ulama jg yg krg perhatian tentang ini. Dan org yg tdk setuju dg poligami serta menyalahkan islam adalah karena mereka tdk paham. Memang kita mesti banyak blajar dulu sebelum melakukan dan berkomentar.

  • http://www.ceritacurhat.com andika

    Jangan cuma mikirin kebutuhan hawa nafsu semata…ingat kehidupan dunia ini tidak hanya sebatas mati, ada kehidupan yg lebih spektakuler sesudah mati, susah senangnya kehidupan sesudah mati bergantung pada amalan anda saat didunia ini..

  • Wirosableng_lim

    Dari smua comment: hanya Nita yg paling bagus dan paling benar. Gw jg pernah selingkuh dan hampir cerai.. Tp krn pernyataan istri yg sm persis dgn yg dikemukakan nita di atas, gw ga jd cerai. Tp selingkuh lg dgn lbh rapi tetep ajah… He he

    • nita

      kalo suami selingkuh ato kawin lg nyantai aja bo hati boleh panas tapi otak hrs cerdik. pura2 ga tau layani dia super extra minta duit sebanyak banyaknya buat ini buat itu pasti dikasih wong dia mrasa bersalah percantik diri perluas knalan, jangan ambil keputusan dl biarkan anak2 besar dan mandiri..kalo lo minta cerai keenakan to cewe bisa nguasai suami kita jangan biarkn mrk bahagia..setelah smua siap rebut kembali suami biasa cewe perebut suami orang itu cewe bodoh n murahan suamipun suatu saat kan menyadarinya..setelah posisi aman baru minta cerai saatnya balas dendam …nikah lg dg laki2 lain yg sudah lama menunggu kita …baru kita bisa tertawa…ga bikin dosa semua menempati posisi masing2 anak2 sukses aq bahagia dg suami baru…lha mantan suami tambah kurus n penyakitan hukuman untuk orang yg mempermainkn kesetiaan

      • lisa

        aku suka banget tu dan setuju ama nita emang benar semua itu, aku juga ngalamin sendiri apa yang di omongin nita , salut aku

      • baridali

        ingat neng perempuan itu ada batasnya/manapause,kalau laki2 biar dah bongkok masih laju

  • Mas holland

    1 yg ingin q ktkn bhwa Allah gak akan mencoba umatnya mlbihi kekuatannya..apabila tak ada lg jalan kluar lbh baik cerai..siapapun dia gak mau dijadiin istri kedua…gugatlah cerai bu..dlm gugatan ibu bs nuntut sebgian hrta..dri stulah ibu memulai hdup bru..aq eugen..aq dipengadilan.. bs aq bntu buat gugatan jgn tkut aq gak ada mksud apa2..cuma pengin bntu.

  • Arie

    Wah…Wiwit@ ce pa co se…Koment msk akl bnget.. selngkuh..Gmna engga,.. lhat istri slalu blepotan. Diksh nafkh biologis engga trima ksh malah kyak ptung liberty..Mngkn kl bs dicpot tu brang.. Dah dicpotkn smbl kembli tdur lg..He..He.Koq hran diajak kesurga kok kyak diajak sengsra…Kl ttmku yg skrang canggh bro…Jd smangt membra alwys..Dngerin pra istri..Jngan cman nylahi si misua mlulu..Intro dri…Jeng..Cr ilmu yg cnggih (kl perlu blajar ke psk) tuk memkat blahan ht..Biar kmbli keplukan..

  • kisah Seks Dewasa

    kisah Seks Dewasa

  • Irjanto

    Abis kontol enak sih, y mbak,?

  • odong

    banyak nasehat sok atuh. karena belum kamu2 yang diposisinya. berikan yang logika saja. kalau totong dan lappet bertemu jadinya nafsu. coba saja kalau nggak percaya. kawin, kawin, minggu depan kita kawin. kawin-kawinan.

  • gusti

    Suami selingkuh atau punya WIL atau menikah tanpa izin istri 1 adalah salah/dosa, sudah tahu salah malah dibalas dengan perbuatan dosa berzinah. BERTOBATLAH. tidak ada yang benar dari keduanya

  • agus sutikno

    menarik bos curhatnya

  • juraganpulsa

    mantap dech

  • pulsa

    di tgg komentnya ya

  • Bengkeng99

    poligami menghindari zinah.,yg halal enak d makan. Poligami mantap. Setuju.

    • kontet

      Lo stuju,soalnya lo tukang kawin jga sh…!!

      • Gerot

        Mending tukang kawin..halal..
        daripada tukang Zina…

  • Djalal

    Belajar tentang islam dulu baru ngoceh. . .apa itu islam??islam yg sekarang hanya di pelajari segi sempit, makanya banyak orang yg sesat. .

  • Nuralif

    Q lebih setuju pendapat wiwid,sebab q pun kayak gitu.blum ketauan sich tpi tanda2 swami slingkuh ada sebabnya q tnggal ke kampung ortu,dia ga ikut.swami jenis pelit sdikit,tpi kbutuhan harian slalu ada,cuma ga mewahla sebab memang saya trima berapapun dia kasih,dia bertanggungjawab,klo jauh memang dia ga slalu suka tlpon,dia ada waktu khusus buat tlpn anak pagi ma mlm aja,q mula2 enjoy aja tau dia sibuk,tpi lama2 dia jarang mau tlpn,saya orangnya nyantai,ga suka repot2 ikut campur hal dia,kira saya percayakan dia lh.tpi lama2 saya rasa dia mulai jarang tlpn,curiga saya tmbul apabila ada suara wanita jawab tlpn dia waktu saya cuba tlpn..walopun dia nafikan klo dah sampe 2 kali q dngr suara wanita,pdahal saya yng istri dia pun ga pernah jawb tlpn bila ada orang tlpn dia.mulai hari tu kpercayaan saya ma dia dah kurang,walopun ga hbis tpi saya lbih percayakan naluriku sbgai istri…waktu itu q blum ada smpanan dwit,dia juga ga kasih q krja,suru jaga buahhati kami…ada juga kawan juga swami orang mnaruh perhatian n mau jga saya…saya cuma anggap dia kawan,tpi dia lbih perhatian bahayanya kwn ni enyayangi sama lbih dari istrinya…saya bukan bodo mau layan sangat,perhatian dia lbih fokus ke umah tanggaku sndri…swami hampir trjerat WIL saya tau sbabnya karna dia butuh belaian istri(lama saya temankan ibu sakit,trpaksa tnggalkan dia,dia pun izinkan),klo cuma itu..swami baik pasti boleh tunggu.,lain sbab saya ga tau,tanya swami dia takkan ngaku.jadi q tanya kwan ni apa sbab dia mau punya WIL(Q)apa kekurangan istri dia yang buat dia ga btah d umah…mcm2 dia buat alasan yang menyalahkan pihak istri…sbelum jauh hubungan saya tanya kawan ni,KLO saya cerai ma swami sanggupkah dia angkat q sbgai istri?apa dia jawab,..mcm2 dia buat alasan yang GARIS BESARNYA MENUNJUKKAN DIA(KAWAN)GA LAYAK D HARAP JDI SUAmi alias dia playboy..kembali hbunganku ma swami memang btul dia ada WIL q tak sebodoh itu mau lepaskan swami q,q lacak2 siapa prmpuan tu,dpt bukti…q tanya swami apakah dia sanggup bersikap adil…klo sanggup pertemukan q dnganWIL tu,q sndri yng akan melamar dia sbgai istri kdua(swami biarpun pelit tpi dia bertanggung jawb n penyayang pd kluarga,dia berkira sbab mau smpan dwit untuk buat umah lgi),dngan SYARAT umah dia d atas namakan dngan nama anak kami,dan saya harus d sdiakan uang smpanan khusus q ma anak dan dia ga boleh usik dwit itu,dan juga kbutuhan lahir batin saya ga boleh d kurangi hanya untuk memenuhi kbutuhan istri baru.klo swami sanggup q sndiri akan jdi saksi dlm perkawinan ke 2 dia,tpi anak kami harus tetap d tanganku iyalah q sndrian smentara swami boleh buat anak ma bini baru(q tau dia ga sanggup sebab dia terlalu sayangkan anak kami).bila q dah kembali ke pangkuan swami,q manjakan dia,juga slalu cek tlpn ato tas kerja dia,juga apa2 perkara berkaitan dia,bina hbungan baik ma kawan kerja,(nampak dia cemburu,berarti masih sayang n ada harapan baiki hbungan)cukup2 sampe dia lupa ma WIL tu.memang skarang dia dah lupa WIL itu WIL lain mana kita tau…walopun hbungan kami dah pulih baik,syarat umah dan dwit smpanan tu masih berlaku n dia stuju..dia ga izin q buat kerja ato niaga apa2 cuma suruh jaga anak ma umahtangga,tpi dia ga nglarang klo q blajar buat apa2 berkaitan usaha,siapa tau nanti bila dah susah tak makin susah.dalam hal ni yang penting sbgai istri harus tau n paham kemauan swami,n komunikasi yng baik,nyantai,ga usah panik kalo ada saingan,memang perangai lelaki mau jdi power,kita taat tpi jangan tunduk,hormati diri sndiri dulu,sabar,percaya bantuan dariNYA(walopun q sndri bukan pandai ibadah tpi sentiasa ingat Allah SWT).skarang umahtangga bukan saja utuh,kami makin bahagia,swami pun makin sayang,apa2 dia bilang andai ada perempuan lain dia kagumi dia pun kasih tau,saya sportif aja buat lah suami makin kagumkan kita,slalu intropeksi,brtngkar pun ga apa2 dari stu kita bisa tau kmauan dia

  • serlyhapsari

    tidak ada masalah, moga aja bosen sama haris, lalu cari yang laen, ok

  • vixi

    hehehe..
    seru juga koment2nya…
    namanya hidup pasti ada godaannya..
    saran yg bisa dikasihkan ya mencoba bersabar, semua pasti ada hikmahnya..
    soal poligami, ada aturan yg harus dilakukan…
    “adil” itu yg menjadi dasar dari semua, bisakah bersikap”adil”!!!
    kalau sudah bisa bersikap “adil” yaa it’s ok..
    klo istri g mengijinkan, ya jangan, istri lbh tau sifat suaminya, berarti istri tau klo suami bakal “berat sebelaah”… berkluarga sangat luas pengertiannya, bukan hanya suami, istri, anak.. kluarga kdua belah pihak jugaa ikut didlmnya loh ya..

  • Giant

    Weleh weleh.Wong selingkuh kok dibalas selingkuh. Itu namanya ssetali tiga uang alias podho wae lan sami mawon. Lha sing apik endi kok podho eleke.. Hehehe… Kayaknya komunikasinya macettttt

  • agus priyanto

    kok komentar…… ente pade ngaca, kan sama…… kaya ane…. suka situs kagak bener.

    • agusnardi,shi

      hukum allah itu absolut,,,dan tidak bisa manusia yg bisa merobahnya….jika anda pertentangkan hukum allah mengapa tidak anda saja yg menjadi tuhan…jauh sebelum anda diciptakan allah telah tau siap anda…jangan debatkan hukum allah sebelum anda mempelajarinya…jika anda melogika hukum anda jadilah anda islam sekuler… Atau hukum sekuler…yg suka melogika islam..tanpa belajar apa yg disebut syariat islam

  • mas day

    apapun yang sudah diatur dalam islam itu adalah yang terbaik untuk manusianya, hanya saja manusianya tidak mengerti….
    makanya cobalah mengenal tuhanmu klo emang lo smua islam.
    hukum adalah untuk dimengerti dan dijalani, bukan untuk diprotes.

    kalo kamu ngeyel, yang Tuhan kamu ato Allah….
    pikir dengan otak yang sehat… bukan dengan dengkul.

    Mengapa Islam memperbolehkan Poligami dan mengaharamkan poliandri?? belajarlah islam dengan benar.

  • Pain Pain Pain

    Blognya oke, yg comment jg oke, tpi dendam bls dendam ap bner tuh, ya kalo “Haris” orgnya bnr baek,klo cuma baek didpn aja, ntr dblkg sma aj kyk “Ardi” ap mlh ga tmbh repot tuh…
    Instrospeksi diri aj, brdoa gitu…

  • ellis

    saranku sbaiknya lekas tinggalkan haris..jgn perkeruh keadaan rmh tgga dg mslh baru ,smentara mslh yg kmrn blm slesai. Klu pun ingin refresh ,Carilah kesibukan dg hal bermanfaat,berserah dirilah hnya pd Allah Swt dan mengadulah pd-Nya…jgn sia2kan hdupmu dg berfoya atw lari ke dunia mlm..itu bkn pelampiasan tp itu nafsu syetan yg bs mbuatmu jatuh terjerumus smakin dlm .Perlakukan suamimu dg lemah lembut dan penuh perhatian niscaya lambat laun dia akn kmbli kepelukanmu.. @@

  • kon

    aaaa kui stuju aq………….
    ra sah ono koyo ngno kui…………
    biasa wae….!!!!!!!!!

  • doktor

    gak usah ributin masalah poligami… yang jelas, sebab pertama dari lakinya aja yang nakal; lalu istrinya yang dendam; trus, yang paling kurang ajar, si harisnya yang setan… saran gua, tuh istri harus tobat; suami harus menceraikan istrinya; dan si haris harus bertanggung jawab, jangan enaknya aja.

  • dela gemala

    Pilihlah jalan yang benar jangan jalan yg kau murkai *:)

  • pink

    udah deh ga usah ngurusin orang yang poligami…..thu itu urusan mereka salah ataupun bener nanti Tuhan yang menetukan…….!!!

  • adys

    jngan kite salah kan sbelah pihak ,.,.karne mungkin saat malam pertama sang istri x suci lagi .,.,.,.,tu lah suami ingin mencari keadilan dngan mengawani yg suci ,.,.walau harus mngorbankan segalanya ,.,.,.,betul tak ,.,.,

  • obat kuat alami

    cerita ini sebagai peringatan bagi kita semua untuk tetap waspada dan menjaga diri sendiri untuk kebaikan keluarga dan masa depan

  • roy

    cerita kamu sama persis seperti yang aku alami emang gampang orang ngomong ini boleh dan enggak mereka belum pernah pada posisi yang sama dalam kondisi seperti ini

  • ajack

    Harus diakhiri…..
    jangan sampai di dunia sudah menderita dan tak bahagia… nanti di akhirat juga menderita…

  • roma

    anda saat ini adalah seorang istri yang penuh dosa,
    jika anda memang tidak suka di poligami harusnya anda menolak, jika suami tetap memaksa harusnya anda bercerai…
    anda saat ini sangat berdosa pada suami…
    anda menghinati suami anda….
    maaf sebelumnya, perlakuan anda dengan hari layaknya hewan dan sangat menjijikkan. meminta maaflah pada suamimu kemudian pada Allah, jika suami anda mau mengampuni anda maka Allah mengampuni dosamu.

    anda harus memiliki kebranian untuk bertanggung jawab atas perbuatan yang anda lakukan.

    • indrayani

      setuju roma bijaksana

  • yulionosabdo@yahoo.co.id

    pada dasarnya pria itu di otaknya cuma ada pekerjaan dan kewanitaan,pada saat jenuh di pekerjaan meleburkanya di kewanitaan ,saat minta nggak di kasih apalagi seorang pengusaha yang penat dengan urusan usaha mau pelepasan di tolak ya pasti marah dan tersinggung mencari di luar nggak boleh katanya selingkuh dan di balas dengan hal yang sama,”sementara wanita” yang ada di otak hanya ada gambar harta ,perhiasan ,uang yang numpuk, sukses karir dan gengsi yang tinggi ,tanpa disadari bahwa pria kerja keras dengan harapan pekerjaan sukses yang tentunya menyita waktu dan pemikiran,tapi istri tiap hari maunya di tunggui, tapi semua keperluan harus cukup,sama istri yang di rumah, malah di anggap selingkuh ,tentunya siapapun orangnya akan marah dan pasti akan ambil tindakan sesuai kondisi masing-masing yang mampu cari istri lagi tanpa harus ijin istri pertama,yang tidak mampu beli sate tanpa harus beli kambingnya(jajan)yang tidak punya apa-apa tinggal pergi tanpa pamit,bagi yang kasar malah bisa pembunuhan ,untuk itu mari kita saling menyadari kelemahan kita dan pasangan kita ,dan jangan mudah mengambil kesimpulan yang salah karena didasari rasa khawatir kehilangan,dan akhirnya betul-betul hilang.

  • zaka uddin

    mbak, islam melarang sebuah hubungan suami istri tampa adanya sebuah ikatan dalam pengertian (pernikahan), jd hubungan yang mbak lakukan dg tmn dkt mbak yg sekarang ini adalah tidak boleh, tentunya mbak tahu itu?. mbak, seorang suami memang boleh atas poligami, tp istri boleh tidak merestuinya tp beda untuk mbak,mbak tidak boleh poliandri…terlebih lagi dendam dan selingkuh dengan orang lain. memang suami mbak salah atas diri mbak tp tdk boleh merusak diri mbak… sy yakin hidup yang mbak jalani tidak akan tenang walaupun dg hubungan mbak yang sekarang mbak dapat kepuasan. tp itu tidak akan lama… masak sich mbak mau jatuh dalam lubang yang sama dua kali, kalau sy tidak mau bak… haris bukanlah orang yang baik, kebahagiaan mbak bukan hanya diatas ranjang dg haris. seharusnya kebahagiaan mbak di dalam biduk rumah tangga pernikahan, coba mbak tanyakan ke haris… siap tidak dy menggantikan suami mbak sbg imam yang baik?

  • nn

    Potong “biji” nya,NEVER POLIGAMI!!

  • HADY

    fankihu ma toba lakum mina nisa i masna wa sulasa wa ruba, pain hitum alla ta’dilu fa wa hidah.

  • Yulkhairat

    Yg bs berlaku adil hanya Allah, gimana mau adil Allah sj menciptakan jumlah hari ganjil yaitu 7 hari. Adil dari segi mana ? dari segi hari saja sdh g bs berlaku adil

    So intinya Allah tdk mengizinkan utuk berpoligami

    Kalo suami poligami Kasian bgt perempuan Islam, derajat perempuan islam sangat rendah d banding suami. Jk suami ingin menceraikan istri tinggal bilang saja “kuceraikan kau” sbyk 3kali itu sdh sah.
    Sementara jk istri ingin bercerai harus melalui pengadilan …

    Kasian Banget ..

    • roy

      gimana mau adil Allah sj menciptakan jumlah hari ganjil yaitu 7 hari. Adil dari segi mana ? dari segi hari saja sdh g bs berlaku adil >>>>>>>>>>So intinya Allah tdk mengizinkan utuk berpoligami

      *Elu kali Bos yg kasian menghina Allah dgn jumlah hari….. AstaqfirullahAlazim. Emang loe bisa nyiptain apaan ???

    • Gerot

      adil tu bukan sama rata boss…
      adil tu menempatkan sesuatu pada tempatnya..sesuai porsinya…
      gag ngerti adil kok ngomong adil…
      wkwkwkwkwk

      wanita mang gag kan pernah sederajat ma lelaki…
      lelaki tu pemimpin…
      liberalism dan demokratism ja yg bilang laki & wanita sedersjat…
      tu hal yg d paksaain …gag kan pernah bisa…

  • wiro

    POLIGAMY HARAM hukun nya…..Tuhan mengambil satu tulang rusuk adam dan dicipta kan seorang hawa untuk mendampingi adam…tidak di ceritakan tuhan menciptakan Hawa lebih dari seorang……ISLAM Yang Menperbolehkan Poligami Ialah ISLAM SESAT yg di buat buat

    • Budi

      Wiro kamu ga boleh bilang Islam Sesat,islam menghalalkan poligami,lu aja kali yg sesat

    • Gerot

      memang benar d zaman nabi Adam cuma ada 1 hawa dan gag da poligami…
      tapi d zaman Nabi muhammad ada cuy…
      dan kita wajib mengimani nabi Muhammad…
      poligami gag sesat…
      jelas tertulis d dalam al-Quran…dan juga pernah d lakukan Nabi Muhammad…
      BELAJAR AGAMA LAGI DONK BROO

  • arsil

    Allahu Akbar…

    semoga Allah,,mngampuni sgla kslhan qt..
    dunia..cuma minan..
    dibuat susah bisa…
    dibuat senang jg bisa..
    diri qt lah yg buat..

    smga qt mndpat hkmah dari kisah ini…

  • blackrose

    Hidup cuma sebentar didunia,, akhirat tujuan kita,,, :)

  • ahmd jonhi aris

    kadang laki tuuu banyak munafiknya deh, ingin selamat bersembunyi di balik keserakahannya (boleh poligamilah) emangnya perempuan itu budaknya laki2 apa. Ingat manusia martabatnya dimata ASWA adalah sama. dimana letaknya sorga, gak yg tahu, hanya Allah yg tahu ….

    • Gerot

      bukan laki yg serakah tetapi wanita yg gag bisa nerima kodratnya…
      manusia mang sama d mata allah.. tapi masing2 punya peranan yg berbeda.. allah membolehkan poligami.. hal itu jelas d tulis d dlam al-Qur’an dan Nabi Muhammmad melakukannya…
      pikiran liberalism dan modrenisasi yg meracuni wanita untuk melawan kodratnya…
      Surga terletak 500 tahun perjalanan d atas langit ke 7 hal itu juga ada dlam Al-Qur’an… orang yg gag tau agama ja yg gag tau itu…
      wkwkwkwkwkwkwkwkwk

      • eko

        ….Surga terletak 500 tahun perjalanan d atas langit ke 7 hal itu juga ada dlam Al-Qur’an… orang yg gag tau agama ja yg gag tau itu…….

        benar ka??????????????????
        macam pernah kesana jak……….
        hahahahah….

  • Budi

    semuanya bohooong kalii

  • peace

    hai teman2 koq komentarnya pada melenceng dari poligami jadi ribut ke agama sih…
    pokoknya buat mbak, kesal sih kesal cuman jangan selingkuh dibalas selingkuh, klo ngga kuat lebih baik cerai saja lalu pulang dulu ke rumah ortu mbak… pelan2 cari lagi lelaki yang baik, sy yakin mbak adalah wanita yang cantik dan baik lupakan suami yang tidak setia percuma dibales juga…

  • roy

    ah itumah suaminya bejad istrinya lebih bejad ngambil jalan pintas bukanya untung malah buntung udah jatoh ketiban mobil kontener bukan tangga lagi. udah jelas sang suami mengaku kesalahanya dan tdak usah mempermasalahkannya dan mau bersikap adil dan istri menyetujuinya, eh malah ikut2tan, kalo menurut gw sih ini yg salah malah si istri percuma di larang2 kalo emang si suami udah maunya, atau pelayanan si istri kali yg tdk memuaskan sang suami….. kalo menurut gw sih semuah di dunia ini yg membuat hancur atau suksesnya laki2 adalah wanita smuah karna wanita/perempuan.
    1 *wanita yg baik*
    * karena wanita lelaki menjadi sukses
    * karena wanita lelaki jadi kuat dan tangguh
    * karena wanita lelaki jadi baik dan benar
    * karena Wanita lelaki menjadi sopan dan santun
    * karena wanita lelaki menjadi berani / pemberani / percaya diri
    * karena wanita lelaki menjadi kaya harta dan tahta

    2 *wanita yg tdk baik*
    * karena wanita lelaki menjadi hancur
    * karena wanita lelaki menjadi durhaka,musrik,syirik,kafir
    * karena wanita lelaki menjadi miskin harta, tahta, hati
    * karena wanita lelaki menjadi selingkuh, poligami, maksiat
    * karena wanita lelaki menjadi tdk baik & tdk benar
    * karena wanita lelaki menjadi bejad, jahat, hina, iri, dengki
    * karena wanita lelaki menjadi berantakan dlm sgalahal

    ” di dlm alkitab2 dan smuah agama bahwa neraka di huni sebagian besar adalah kaum wanita dan sebagian kecil adalah laki2
    berbaktilah kalian kepada ke dua org tua terutama kepada suamimu sayangilah suamimu cintailah dia agar kelak ia ingat & setia padamu di surga karena sainganmu adalah 1000 bidadari2 cantik yg siap menemani suamimu kelak di surga nanti dan bersedihlah kaum wanita jika suamimu memilih Bidadari di banding dirimu karena kelakuanmu bersedih lah siapa yg menemanimu di surga Nanti hikz hikz hikz
    termasuk wanita yg manakah anda kesimpulan 1 atau 2

    • eko

      bisa dibalik juga ga??

      *karena lelaki wanita menjadi…….(bla..bla..bla..)

      kayaknya sama artinya…

  • yoan yo

    nasehat udah banyak, kebaikan dan keburukan sudah gamblang dan jelas,silahkan tentukan prinsip jalan hidupmu dan resiko pilihanmu, namun jika engkau ragu bertannyalah dgn nurani bukan dgn nafsu, thank smuanya

  • Aquilino Amara

    Saya tidak setuju dengan pendapat pertama bahwa suami boleh selingkuh tapi sang istri tidak boleh… (edit oleh Admin)…. Menurut Ajaran Katolik, kedua-duanya adalah dosa, menurut ajaran Yesus dan Allah sendiri pada perjanjian lama, Dimana “seorang lelaki akan meninggalkan orang tuanya dan bersatu dengan seorang wanita menjadi satu daging, sebab apa yang telah diikat oleh Allah tidak dapat dipisahkan oleh manusia”. hukum sangat jelas. maski ada orang katolik yang selingkuh, itu karena kerakusan mereka sendiri dan hukum tetap berlaku bagi wanita dan pria. untuk tidak berpoligami sampai salah satu dari mereka meninggal dunia.

    • beth

      mnrtQ jg sma ma amara. lbh baik mendekatkan diri pada TUHAN & minta pertolongan-Nya, juga akhiri hub mb ma haris…

  • Iyya Maliya

    Hemd, seru komen-komennya.
    Sayang banget yaa yang agamanya Islam, meski ngalah sama laki-laki. BTW, hubungan perempuan-laki itu (apalagi kalau sudah menikah) mungkin bisa berhubungan terbuka. Mengobrolkan apa yang disukai dan tidak disukai. Rasanya, pernikahan pelik juga yaaa (;saya belum menikah untungnya). Wahhh, kalau begini ceritanya apa mending aku pilih enggak menikah gitu ajah yaaa?!

  • Tukirin

    Saya hanya menggaris bawahi,
    karena semua diatas sudah sgt jelas hukum & akibanya.
    Ingat hukum karma allah pasti akan berlaku.
    Percaya sama saya nanti kelak anak / cucu anda pasti akan
    bertinkah laku / atau diperlakukan seperti anda & suami anda.
    maka bertobatlah pintu masih terbuka ,anda belum terlanjur
    jangan karena dendam anda masuk nerakaaaaaaaaaa yang paling dalam.
    sabar & bertobatlah insya allah dapat jalan yang terbaik.

  • ita

    poligami itu menurut saya tetap merusak rumah tangga,krn yang diuntungkan hanya laki laki sementara wanita no,suami boleh poligami asal bisa berbuat adil,tetapi manusia bukanlah manusia sempurna.yang bisa berbuat adil terhadap kedua istriya adalah nabi

  • hedy

    kalo menurut saya,secara manusiawi tidakan mbak ambil adalah emosi,secara agama tindakan mbak tidak benar…berarti mbak uda berbuat maksiat.ingat hukum tuhan terhadap maksiat dan ingat juga masa depan mbak….lebih bagus hidup gelandang di jalan dari pada bergelimang dosa dan ketidakpastian…jadi saran saya mbak putuskan secara konsekuen cerai atau mbak terima dipoligami.lebih banyak dosa mbak daripada suami mbak kenapa harus berbuat begitu?tinggalkan dunia seperti itu mbak…

  • Sabda Alam

    Untuk Mba yang suaminya selingkuh, tenang saja, teruskan lakukan seturut kata hatimu. Itulah proses kehidupan. karena toh semua manusia yang tumbuh dari kecil hingga dewasa, pada akhirnya akan MATI.

    INGAT: TIDAK ada seorangpun di dunia ini yang bisa menghakimi seseorang itu BERDOSA dan MASUK NERAKA, Kecuali ALLAH yang menentukan! Karena hanya ALLAH Sang Pencipta AWAL dan AKHIR, yang menentukan bahwa manusia ini atau itu, masuk SURGA atau NERAKA.

    HAL PENTING: Lakukanlah dengan tindakan apa yang menurut anda baik dan mampu anda pertanggung jawabkan, dan jangan lakukan apabila tidak sesuai dengan kata hati dan merasa tidak mampu mempertanggungjawabkannya, pada akhirnya!

    ABAIKANLAH: semua perkataan orang munafik yang mengatasnamakan Agama. Karena Agama tidak menyelamatkan!!! yang menyelamatkan adalah ALLAH sendiri yang datang dengan KasihNYA dalam kehidupan kita dan kita berpasrah pada kekuatan kasihnya yang menerangi hati dan kehidupan kita!

    YAKINLAH: ALLAH itu MAHA PENGASIH dan PEMBERI MUZIZAT! Mintalah padaNYA maka niscaya kamu akan diberi!!!

  • budiaja

    klo boleh pendapat, semua relasi yang hancur disebabkan oleh konflik.Konflik bila didiamkan terus akan mengancam relasi seperti perkawinan.Komunikasi diyakini mampu menjadi cara kita untuk meredakan konflik dan menghangatkan relasi..
    Tetapi komunikasi yang bagaimana yang harus dilakukan? Ketakutan datg menghantui ketika kita mau bicara.Kita tak mampu mendengarkan lawan bicara apa..ada buku bagus yang bisa kita baca untuk menyelamatkan biduk perkawinan, dengan sebuah cara baru dalam berkomunikasi..silakan dilihat bukunya.

    • agim

      d dunia sudah pasti ada setan ug menggoda, ada jg malaikat yg menolong, mak dari itu belajarlah agama d mana kmakan tau arti dan menjalani hidup yg benar itu sepeerti apa,,

  • ali

    jalanai hidup apa adanya…………
    itu lebih baik….

  • agim

    yg benar d mana manusia mw hidup yg benar dialah yg menjadi ahli surga,, g usah d perdebatkan. km mw hidup d jalan yg mn..??? surga apa neraka, km jg tau mn jln yg bener dan mana yg salah

  • zaenuri

    mending mbak cerai saja, sama suami mbak yg sah dari pada berbuat selingkuh pada orang lain untuk melampiaskan kekesalam mbak pada suami mbak, itu akan membuat dosa yg berlibat ganda:
    1. dosa pada suami mbak
    2. lebih2 dosa pada alloh

    Siksaan akan lebih pedih lagi ntar di akhirat nanti.
    tolong, mbak pikir2 lagio sebelum terlambat

  • Deni

    Nikah lebih dari satu sunnah, tapi harus mampu sebagaimana rasulullah jalankan.

  • GENERAL FOX WARRIOR

    KENAPA ISTRI PERTAMANYA MERESTUI SETELAH ITU ANDA YANG SELINGKUH DAH SALAH BESAR TUH..!

  • Gopal Lintas Timur

    Aku pernah dibilangin sama istriku, kalau aku kawin lagi istri keduaku mau disembelih… !!! Waduh istriku jd pembunuh. Sulit dan suliiiiiiiit bagi manusia spt kita mau punya kesabaran yg spt dilakukan Rosululloh.Banyak disekelilingku mereka berpoligami tp yg diambil sbg istri berikutnya pasti lbh bahenol. Na na na na….
    Untuk mbak mohonlah ampun dg Tuhan, mendekatlah dg org2 yg bisa menenangkan spt ulama, jgn pergi ketempat maksiat, yo malah dendamnya tambah kesumat, di tmpt hiburan malam gk ada orang dakwah tp alkohol dan ngumbar aurat. Mari mbak bertobat, Allah Maha Pengasih pd ummatnya yg merasa terdholimi,

  • Amelia

    Istri muda jg byk yg menderita,spt burung dlm sangkar,selalu istri pertama yg di no 1kan. Mlm tidur sendirian. Urus anak sendirian. Cukup ga cukup uang belanja sekian. Suami bebas berkeliaran. Istri muda pergi di jagain herder. Pdhal aku ini ga neko2,drmh urus anak tp slalu dicemburuin.

  • hariansyah

    9 salah satu korban dr bokap yg mo poligami,,,,intinya mendingan gak usah klo akhirnya air mata banjir d lingkuangan keluarga,,,,,,gitu aja kok repot,,,,

  • yulionosabdoyahoo.co.id

    menurut aku “asal menjalani dengan ikhlas nanti masuk surga”kita kan tidak tahu apa kehendak Tuhan ,yang jelas Tuhan punya rencana yang lebih baik untuk kita.

  • darto lo

    tak usah banyak omong kalian semua sama ja, suka ma situs yang berbau nafsu. jadi anda sumua tu ya penuh nafsu poligami perselingkuan.

    • Andika

      Ini orang ga tau baca apa yaa.. situs curhat kayak gini disamakan situs nafsu

  • Ummu

    Bicara poligami tak akan ada habisnya. Semua tergntung niat individu masing2
    lagi pula semua peristiwa yang terjadi pada semua makhluk di dunia ini sdh tertulis, Bahkan jauh sebelum ia diciptakan. Ridho dan ikhlas kepada takdir yg hrs kita jalani, sptnya akan membuat lgkah hdp jadi ringan.
    Hilangkan sifat egois, tingkatkan empati…

  • ganteng

    Bersyukutlah Suami mu sudah selingkuh duluan…. karena kamu punya bibit untuk selingkuh

  • amru

    Kalau mau poligami karena ALLAH,bukan karena nafsu.pertimbangkan baik2 sebelum bertindak, meskipun ada hadits atau dalilnya tapi semua itu perlu pertimbangan dan dimusyawarahkan.Shalat istikharah kalau perlu, wassalam.

  • Dogol

    CARA BERPIKIR WARAS:

    Perselingkuhan adalah perbuatan yang jahat,dan

    poligami adalah perselingkuhan yang munafik.

    wanita yang berakal sehat tidak ingin suaminya berpoligami,dan

    sebagai anak tidak akan membiarkan bapaknya berpoligami

    • Gerot

      ini bukan pikiran waras…
      tapi pikiran yg buta agama…
      tau mungkin memang gag beragama…
      hehehe

  • kodir

    pd coment apaan seh.. Yg jelas kita smua masuk neraka.. Knp? Udah jelas ini situs tentang sex.. Tp knp dibaca jg.. Pake debat agama lagi. Udah kayak ustadz aja.. Mendingan baca aja.. Ga usah bnyak coment.. Kalo mau debat tentang agama dimimbar bkn disini. Disini tempat org2 yg kurang kerjaan. Termasuk saya..

    • Gerot

      hahaha
      betul broo…
      karna gag da kerjaan makanya ngoment2
      brbekal seutil ilmu yg ada…
      d samping seru.. skalian berbagi ilmu yg seutil…
      wkwkwkwkwk

  • kodir

    yang coment soal2 agama itu.. Org2 yg bodoh.. Pake nyebut2 nama Allah segala.. Tp ga ngaca.. Menempatkan atw membwa nama Tuhan ditmpat kemaksiatan.. Lebih baik dibaca aja.. Jgn coment.. Bingung gw jadinya.. Knp ada debat agama disitus sex? Ga jelas

  • nurhayati

    akhirilah semua,bila dikedua pihak masih saling mencintai,carilah solusi terbaek buat jalan tengah,jangan kedua saling membalas…perselingkuhan yang tiada batas…kalian mau melihat keluarga kalian itu sedih…dari pihak pria maupun perempuan…pikirkanlah selalu keluarga kalian…jangan egois…bila kalian punya anak gimana…pemikiran mereka…bapak sama ibunya begitu…and mama and papa kalian…kalian menikah …tapi gak pernh akur…mereka malahan sedih…mendingan kalian x pernah dilahirkan didunia ini.ketimbang kalian berbuat hal yang merusak harga diri kalian…x ada martabat dipihak kalian,,kalian dinilai tidak ada harganya bila saling berbuat perselingkuhan…karma berjalan,tuhan sedang melihat kita…tuhan juga tidak akan sayang sama mahluk yang berbuat zinah dihadapnya

  • makmur

    Susah ngomong ma orang begoo.. Biar dkasi tau dg ilmu segunung tetep aja ga ngerti.. Otakx bagus si tapi ga punya hati..

  • Anto Cakep

    istri pertama kcewa mendgar suami nikah siri. istri ke dua yg dinikahi siri yg janjiny hnya untk menjdikn status ayah untk ank d kndungan, dan keluarga nya yg memohon agar budi (nama samaran) mau mnikahi si ratna ( nama samaran) dan stlah lahir cerai. Krn ortu ranta (samaran) tau ap krjaan ny “wanita penghibur d club, tmpat2 karoke” dn mrka jg tau lw ratna tdk hny tdur dgn 1 orag pria hdug belang. Namun ap jd akhr ny, ortu ratna mlah mlnceng dgn prjanjian yg tlah mreka buat. Mlah nuntut ini itu, bgtu jg dgn ratna mlah mrunyamkn mslah ini. Yg jnjiny akn mrahsiakn mslah ini dgn istri prtma budi(samaran) mlah menyebar crita scra diam2, mlhan smpi dia dtg krmh budi, mnyerag istri prtma budi yg syah resmi. Smpi akhrny trjd kributan.

  • Alma

    “waduh…aq ampe g kebgian coment nch…dr smua coment yg plg bnr adlh belajar dr pglman dan koreksi dri sndri,jgn comen cm bs ngeledek dan jermah walah”….!

  • aida

    1 kalimat ” Cepat2 laH mba hentikaN selingkuhb”
    biar bagaimana jG itu tidak pantas dilakukan seorg wanita,.
    pasti sakit dihianati suami tpi bersabarlah,.//
    pasrahkan segala sesuatu ya paDa maha pencipta,.
    sekrang segeralaH selesaikaN maslah anda dgn suami anda dlu’bru dgn selingkuhan anda//

  • Yoris

    Susah amat sich hidup kayak gitu, mau cari perempuan lain saja perlu kawin dulu. Aku beristri cukup satu saja, tapi tiap akhir pekan boleh lah cicip2 yang lain, teman sekantor lah, anak sma lah. Susah amat kawin lagi, tambah2 beban hidup saja, urus satu istri aja susah. Istriku tahu itu, paham lah dunia laki2. Yang penting begitu masuk rumah, yang ada adalah keluarga, no affairs. Di luar rumah pun begitu lah, cinta satu saja, nafsu biologis lain lagi lah, sep=intas lalu saja lah. Istriku selingkuh juga? Mana ku tahu, asal jangan depan aku sudah lah, asal buat fan tanpa korbankan cinta sudah lah bah. Enak khan?

  • bayu

    poligami itu dibolehkan dalam islam.. ada sumber terpercaya.. dg syarat istri menyetujui,, dan bukan krn sebelmny selingkuh… adil,,, n istri benar2 rela.. klo gak rela jangan poligami.. dasar manusia nya aja nafsu yang dipentingkan.. biar tu nafsunya bisa terlayani dg 2 orang wanita….

    • Gerot

      suami tu pemimpin…
      gag perlu persetujuan atau kerelaan…
      yg penting pemberitahuan doank…

  • jayu

    Satu kata yang bisa saya ungkapkan….
    bersabarlah dan bertaubatlah kepadaNya Insya Allah smua itu pasti ada jalan….

  • cipir

    sebenarnya saya pingin ketawa liat postingan kalian.. Tp…
    Sekarang buatku semua tergantung niat baik dl nabi punya istri banyak karna ingin mengankat drajat kaum hawa, yang jelas bukan cewek cantik2 karna niatnya bukan karna nafsu, beda sama orang sekarang bru punya rizki sedikit dah banyak tingkah.. 1:1000 ada orang yg kaya gitu yang ada cuma nafsu2 dan nafsu..

  • dee

    POLIGAMI………………NO
    SEMUA ORANG AKAN MEMPERTANGGUNG JAWABKAN PERBUATANNYA DIHADAPAN ALLAH ENTAH ITU BAIK, ENTAH ITU JAHAT. JADILAH SUAMI YANG SAYANG KEPADA ISTRI BEGITU JUGA SEBALIKNYA SESUAI DENGAN KOMITMEN PERKAWINAN. BAGI PEREMPUAN YG SUKA SELINGKUH: HAI PEREMPUAN, “GO N SIN NO MORE.”

  • settt

    sst jangan ribut poligami itu adalah pilihan , bagi anda yang mau poligami silahkan, bagi yang tidak mau ya jangan, gitu aja kok diributin,jangan saling menyalahkan, saya juga mendukung bagi yang adil untuk poligami, tapi saya tidak melakukannya karena takut tidak adil

  • srem

    ” ealah non . mau sengasara kok pake beaya” putus asa//////////////

  • zaky

    ah gampang aj sbenarnya…
    kns itu udah nerima,klo blom kn bsa minta cerai..
    malah jerumusion diri sendiri….

  • zaky

    setuju ma mas darto ma andika,,,,

    semua pda ngerti agama..
    semua pda paham tinggal peng amalanx yg blom kyakx ne,,,

    ne kn situs ga benar jga,,,

    inilah kebodohan kita yg paling nyata….

  • Semy

    P0ligami itu d b0lehkan yg ga bleh itu selingkuh apa lg brbuat zinah…Ngerti ga bro..

  • Sakri Laoli

    bicara poligami itu gak masalah klu dia bisa memenuhi kebutuhan hidup

    coba bayangkan klu suami punya istri dua, anak tetap anak si laki2
    tpi klu istri punya dua suami nantinya anak itu anak dari siapa dri si A atau B bsa2 jdi pertengkaran ,trus karna laki2 gak bsa melahirkan , dah jlas hukum islam prempuan gak bleh punya dua suami ,krna fatal bginya kelak ,.dari pembagian harta waris ,keturunan ,DLL

  • liswandi

    zina haram.kalau bersuami hukumnya dilempar sampai mati.so dari itu bertobatlah jangan lagi berzina tuhan maha penerima tobat.jadi istri harus tegas jangan takut tak makan.hadapi dgn tidak berbuat dosa pada allah. Sabarlah nanti ada saja jalan keluarnya.

  • dancuks

    Suram

  • keyla

    Apa yg sudah dilakukan swami anggap ja sbg lahan ladang mencari pahala dimana kita bisa sebyk2nya mencari pahala agar mendapatkan kebahagiaan hakiki dr pd kebahagiaan sesaat!!!

  • fajar

    ada sebab ada juga akibat..
    Simak lagu bang haji Rhoma Irama ”SEMUA TERSERAH KITA”

  • suliswanto

    Nikah lebih dari satu sunnah, tapi harus mampu sebagaimana rasulullah jalankan. tapi akan lebih bahagia hidup dengan satu istri dan anak2

  • Prasetyo Yuli Purnomo bin Sukamto bin Ahmad Suhadi

    yg diharapkan rosul itu bnyk anak bkn bnyk istri… anak yg soleh dan berakhidah serta mendirikan syariat. untuk mengimbangi jumlah orang kafir…

  • lizz

    menurut aku….

    akhiri hubungan dengan haris mbak…
    mbak hidup didunia seperti itu malah akan menghancurkan kehidupannya mbak… soal suami mbak sudah kawin lgi… biarkan saja dia menjlani kehidupannya… toh kita tidak hanya hidup dr pasangannya kita saja… banyak hal positif yang bisa mbak lakukan untuk mengisi hari2nya mbak… saya tidk setuju mbak cerai, saya tw batinnya mbak tersiksa… mbak punya Tuhan kan ?? percaya sama dia… apa yg dia ijinkan terjadi dihidupnya mbak saat ini, pasti Tuhan ingin mbak belajar sesuatu, ketika mbak mengawali sesuatu hal dengan baek, pasti berakhir dengan baek… aq rasa kl mbak bersikap baek suaminya mbak suatu saat pasti akan mikir… betapa berharga istrinya… dan betapa menyesalnya dia menikah dengan istri keduanya…. kehidupan bahagia tidak hanya melalui hubungan secara rohani saja bersama pasangan… tapi bgiman kita memberikan yg terbaek kepada pasangan kita, walaupun kita ditindas… mbak… Tuhan itu maha adil… jgn mbak menyesal dengan apa yg mbak jalani… mbak harus bangkit, mbak harus jadi wanita yang kuat, jgn karena hal ini, kehidupan dan masa depan mbak berakhir…semngat mbak…

  • I Made Sultan Aziz Yohanes Gautama

    Aneh …. dalam cerita tersebut diatas tidak menyebutkan agamanya apa dan mungkin tidak beragama sama sekali kok semua ditumpahkan ke Islam…gak fair dong…coba kita sebaiknya kasih saran yang baik kepada yang curhat dong…

  • ponay

    aku laki2 tapi mengerti bgm wanita disakiti laki2 dg selingkuh. Titik persoalannya adalah bgm wanita berjuang untuk dicintai suaminya dg nilai2 potitif bukan melawan dg nilai2 negatif tadi,dg selingkuh lagi,Nilai positif bisa dg menggali kembali saat anda dicintai suami anda,cuma anda yg tahu,dg lebih dekat kepada sang khalik.Tidak cerai dg suami anda sudah benar namun dg selingkuh dg pria lain membuat anda jadi jauh untuk mencintai dan dicintai suami.Ada banyak kegiatan2 yg positif selain berfikir untuk sex saja.Aktif menyibukkan diri di kegiatan kewanitaan tanpa lupa mengurus rumah,keluarga dan suami.Pasti suami akan sadar bahwa anda wanita yg lebih punya nilai lebih di mata suami anda.Memang sulit karena sakit dikhianati,tapi membalas dg selingkuh bukan jalan yg benar.Jadi sekarang mulai berubah untuk tdk selingkuh. Karena wanita yg bersuami harus setia pada suami anda karena anda masih terikat tali pernikahan.Mudah2an suami anda sadar bahwa anda adalah isteri yg setia mendampingi hingga akhir hayat.

  • Heri

    Lanjutkan…….!!!!!!!
    ada yang mau nasehat biar perselingkuhan anda aman hubungi aja emailku pasti aq kasih jurus yang jitu……

  • Afro thunda

    Ternyata banyak juga penggemar situs gak benar yang sok benar ya!

    • gobiel

      sudah menjadi sifat manusia mas,
      maklum aja masih puber…….

  • rena

    kan dibilang di qran HARUS ADIL. Itu cuma perumpamaan, artinya TIDAK MUNGKIN MANUSIA BISA ADIL. Jd jgn menyerap arti ayat seperti anak2 menyerap apa yg dilihat, tanpa tau apa mksd dr yg dilihat. Jgn menutup mata demi kepentingan keinginan badani.

  • cepex

    bertobatlah sebelum ajal menjempuT u!!! Allah maha pengampun..,

  • Pangeran

    Kalau Misalnya Anda dan suami anda Menikah dengan Niat Karena CINTA Kepada Tuhan mudah mudahan pernikahan anda akan langgeng, tapi kalau misalnya anda menikah hanya karena niat cinta kepada pasangan anda apa lagi dilandasi dengan nafsu duniawi wah mungkin akan sedikit mengalami kendala.
    terus kenapa dengan islam ? apa ada yang salah dengan islam ?
    -wajar islam membolehkan poligami, karena poligami itu hal yang masuk akal.
    islam itu adalah sebuah agama yang kitab sucinya berisi kalimat indah dari Penciptanya dan kalimat indah itulah yang sudah terbukti sangat masuk akal dan sesuai dengan zaman, tidak pernah di perbaharui dan tidak pernah di rubah. contohnya tentang ayat – ayat penciptaan manusia, teorinya sangat jelas dan sangat berguna bagi dunia kedokteran, dan masih banyak contoh lain lagi yang bisa di teliti dalam kitab sucinya orang islam.

    kalau hanya poligami yang dipermasalhkan dunia ini terasa hanya sempit, yang poligami itu dikhususkan bagi orang yang mampu, mampu disini dalam berbagai aspek, selain mampu bersikap adil, mampu dalam materi, mampu dalam hal biologis dan mampu menempatkan diri dalam berbagai sikon ketika berada dengan pasangannya masing2.
    mampu bersikap adil artinya sudah ada persetuan dari istri pertamanya, kalau sang suami boleh menikah, kalau dang suami tidak mampu pasti sang istri juga tidak akan membolehkan suaminya menikah. masalah menikah ini bagi saya seperti maslah solat, ketika anda melaksanakan solat dengan niat malaksanakan kewajiban tanpa bersandar pada keikhlasan dan berserah diri kepada Tuhan. kemungkinan anda tidak mendapatkan ridhonya Tuhan, karena niat anda hanya untuk mengerjakan pekerjaan yang diwajibkan saja.
    bagi saya tidak ada yang salah dengan islam. dan nabi muhammad SAW tidak mungkin salah dalam menerima wahyu tentang poligami, lucu rasanya kalau ada yang bilang islam itu salah, apa lagi itu keluar dari mulut orang islam sendiri yang tidak sepaham dengan ayat poligami.
    kalau mau membaca kitab suci Orang Islam jangan hanya memahaminya secara kontekstual. bisa-bisa kalian dinilai radikal

  • Pangeran

    saya sepakat, kalau dalam cerita itu tidak ada sangkut pautnya dengan agama, cuma kebetulan orang yang menjawab pertama bawa Nama sebuah agama, dan berkembang sampai agamapun dijelek-jelekkan. memang tidak adil. tapi biarlah toh agama yang sempurna. tetap menjadi sempurna, dan membawa nilai2 keilahian, karena agama ini dibawa oleh tokoh revolusioner nomor satu di dunia dan belum ada yang dapat menggantikan posisinya dialah Muhammad SAW. :)

  • yami

    anda tentu lebih tau mana yang terbaik anda. pikir matang-matang..

  • wesi aji

    punya mulut 1 saja usahlah terlampau banyak nanti masuk neraka,masalah agama yang nomer 1 lah tak usahlah menentang apa yang diperintahkan LAKSANAKAN yang di haramkan jauhi kenapa repot sendiri

  • islam ktp

    kembali ke hati aja lah… islam itu kan barokah… kalo yang kita lakukan bisa jadi barokah buat orang lain, kenapa tidak… tapi jangan sampe barokah itu malah jadi bencana juga buat pihak yang lain lagi… jadi kalo poligami itu malah bikin istri gak ridho, wah… berat itu… apalagi ada yang nyatut syariah ‘adil nafkah lahir batin, tanpa harus adil perasaan’, jiah… itu sih ngawur banget… batin itu ya perasaan, malih… hahaha… kalo alasannya daripada suami jajan di luaran, kenapa gak vice-versa? istri juga bisa dong jajan di luaran? tabiat manusia mencari-cari celah biar bisa enak sendiri… hahaha… kembali ke hati lah…

  • yuliono

    aku kok jadi pingin selingkuh kaya apa ya ranya

  • daesy

    wanita selalu saja disalahkan…..jika laki-laki boleh berbuat seperti itu kena wanita tidak, kodrat???? setiap umat dilahirkan sama, yang membedakan hanya peraturan yang dibuat oleh manusia itu sendiri, aku dukung kamu mbak….tapi lebih baik kalian nikah saja, lebih enak menjalankannya. salam, maju selalu kaum wanita.

  • alimin

    dalam islam boleh adanya poligami, kira-kira aturan itu siapa yang buat ya apakah manusia juga?

  • Andy Ramadhan

    entah saya harus bilang apa lagi,. saya ga menyalahkan pihak manapun saya hanya bingung knp kalian bisa melakukan hal tersebut.. jujur saya baca’a lemes..

  • nelly

    Aku jg pernah mengalami hal yg sama kami udh menikah slm 15 thn tiba2 suami selingkuh dgn mantan pacarnya dan mereka berzina,dunia yg kupijak terasa runtuh setiap melayani suami aku merasa jijik tp aku tetap bertahan demi anak-anak,tp aku berjanji setelah anak2 dewasa dan mengerti aku akan meminta cerai pd suamiku rasa sakit hatiku tdk dpt kuhilangkan begitu saja aku menjalani ini krn terpaksa demi anak2ku yg msh kecil mohon teman2 memberi saran untukku trima kasih.

  • red

    Daripada rame gini, mending tanya Aa Gym aja. Beliau dah pengalaman.

  • Nunung nurjanah(Vanoe)

    .Sama saja kau dgn suamimu. . .

    .Seharusny kau tidak sampai melakukan itu.
    .Ya tuhan. .Apa seluruh dunia telah d kotori oleh manusia.Manusia bejat yg tidak mempunyai perasaan. ??
    .Sungguh aku kecewa dgn perbwtanmu it.

  • rons

    Buat yg setju poligami saya sarankan liat sksikan beberapa foto(bhkan ada videonya) ttg spasang burung….dkisahkan si betina sdang skit,tak mmpu brdiri dan terbang…tntunya si betina tak snggup mncari makan sndiri…hal iti trjadi sharian pnuh tanpa ada manusia2 yg sudi menolong(maklum,itu trjadi di Ukraina dmana di negara yg untuk manusianya hidup saja jga susah)…si jantan dngan setianya mmbawakan makanan bahkan si jantan berusaha mnggenggam ingin mmbawa pergi si betina(kjadian berlangsung di sbuah trotoar taman),,tp s jantan tak bisa mmbwa prgi…akhirnya lmbat laun si betina mati,,si jantan mncoba mmbangunkan dgn cara mmgoyangkan si betina tp tak ada respon..sdar si betina mati,,jantan pun mngeluarkan suara yg mnyayat hati…melengking tinggi,trlihat airmata mmbasahi mata si jantan…kmudian ia trduduk dsebelah betina..hal ini brlangsung hingga senja,tak skalipun jantan mninggalkan tubuh tak brgrak si betina,tdak makan sma skali…mnjelang gelap,si jantan kmbali ke sarang…keesokan pagi ia kmbali ke tmpat si betina kmudian mlengking tinggi kmbali…tersadar tbuh betina tak lg ada dsana(dbawa,dbuang ptgas kbrsihan)…kmudian jantan hilir mudik sambil melengking,trus mnerus…sadar,ia trduduk dan trlihat kembali ia mneteskan air mata….prempuan mmang trlhir lbh bnyak,bgtupun betina pada stiap hwan…brkcalah pd sfat brung yg tdk pnya pkiran…jantan mmliki OTAK,tp dalam hal ini ia brpikir “appun kkranganmu,ak sllu siap mnutupinya”….

  • ibnu

    gitu aja kok repot…
    anda melakukan dosa besar yg dimurkai Allah (berzina) sekarang ane mau tanya berapa tahun sih enaknya anda melampiakan nafsu syahwat pada selingkuhan anda? paling lama 25 tahun kl umur anda sekarang kira2 30th itupun kalau Allah memberi umur 60th pada anda.biyuh2…sungguh tidak sebanding dg siksaan Allah yg sangat pedih & menyakitkan pada anda selama ratusan bahkan ribuan tahun dineraka yg mana anda tidak sedetikpun mampu bertahan dg kerasnya siksaan Allah, itulah pinternya Iblis menjerumuskan manusia unt dijadikan parternya dineraka Jahanam..Naudzubillah mindzalik
    solusinya gampang banget..!!!
    tobatan Nasuha,ceraikan suami anda & mulailah hidup baru,cari suami yg sholeh yg akan membimbing anda kejalan yg benar, selalu berdoa dlm ibadah, sandarkan hidup anda hanya pada Allah semata, Rejeki? itu nanti Allah yg mengatur..Wassalam

  • yuliono

    bagi yg belum pernah
    selingkuh ,segera aja siapa tahu anda juga punya bakat ok

  • Airin

    klw menurut saya tidak ada yg baik, suami anda ataupun anda sendiri

  • dani

    selain uang lelaki jg ingin dan membutuhkan wanita…jangan menyalahkan suami jk pnya WIL,berpkrlah sebgai istri…apakah sang suami telah tercukupi kebutuhan biologs nya,,,terkadang istri lah yang membuat suami seprti itu,,, mngkn krn istri yang g mengerti keinginan suami ad jg saat suami sedang ingin ML.si istri mls melayaninya…..oleh karna itu istrilah yang hrs menyadari knp hrs terjd seperti itu,,,dan jangan slalu menyalahkan suami… aku pun mungkin bs seperti itu,,,oleh karna itu sadarlah seorang istri belajar lah dr yang lain janhan smp mengalami,,,jk anda seperti itu maka tempat yang akan menanti kelak ialah NERAKA. oleh karna itu jagalah komunikasi dalam rmh tangga itu lah kunci keluarga skinah mawaddah dan warrohmah.

  • silvo

    Neng…itu me hal yg bisa terjadi ut capa sj… dan tidak punya hub dengan agama.

  • seeloomun

    selingkuh dan zina mmg nikmaaaat, menurutku ga usah dihubungkan dg poligami. sbab ini hal berbeda, yg satu bisa/halal yg satu haram, yg satu pahala, yg satu dosa, yg datu surga yg satu neraka. silakan dipilih, smuanya ada di dunia ini…..

  • budianto majid

    singkat saja hidup itu pilihan…..!masalah sepele gitu ajh pada repot

  • roj

    nyimak aja ah semua pada pinter .lebih baik berpikir bagaimana cara membahagiakan anak dan istri dan intropeksi diri.terima kasih

  • Tyo

    W0y,aneh smua.apa anda smua tngkah lakuny udh spt nabi muhammad saw.mikir!!!

  • david

    polygami adalah hal yang sangat buruk, karena manusia diciptakan untuk sepasang bukan untuk banyak pasangan .

  • aras

    hidup itu milik allah jika kita menemukan kesulitan kembali pada-Nya

  • izzy

    GILA! kerenz betul yah ceritanya,.ampe pake’ urat semua ngomongnya! yg agak aneh nih, tujuannya apaan pd berkoar2 ampe berbusa gtuh!

  • Dm

    Maaf kk ganteng dan manis,,,
    aku kurang dalam agama,
    aku muslim,,,
    poli gami,,
    boleh dalam islam,,tapi ada syaratnya,,,
    jangan ikutin nafsu,,itu intinya,,

    jika ada lelaki yang mau poligami saya mau tanya,,
    maukah anda menikahi wanita yang lebih jelek rupanya dari istri anda??

    Poligami di perbolehkan oleh islam,,
    jika istri memilki kekurangan,,,
    semua manusia punya kekurangan dan kelebihan,,,
    kurang yang saya bilang adalah kurang dalam sesuatu hal,,,(berfikir sendiri dengan kepala jernih ya)
    berpoligami harus ada izin dari istri pertama tuan,,,,
    dan berpoligami boleh jika kita niatkan untuk bahagiakan wanita yang susah emang susah hidupnya,,itupun klo kita kaya,,itu lah raja jaman dahulu,,,berbagi ke bahagiaan,,,
    tapi harus adil dengan istri pertama,,,
    insya Allah,,,saya akan jadi suami yang menyayangi istri saya walau dia banyak kekurangan,,,,
    saya cuman ber do’a kepada yang pencipta semoga kami bahagia,,,

    maaf jika kata2 saya salah,,,
    trims,,

  • andrian

    yaaaa klu aq dari pd gitu mending km nikah aja mbak klu bisa jangan kayak gitu yaaa mbakkkkkk

  • ilham

    hidup ini selalu ada cobaan. klaw suami selingkuh harus bisa sabar…

  • Hamzah

    Ikhwan&akhwat, sebenarnya hukum syariat tu luaaas… jangan terlalu menyalahkan poligami..! kalau memang poligami yg anda jalankan itu membawa dampak yang buruk, maka tinggalkanlah.. Rosululloh dulu juga poligami, tapi poligaminya orang sekarang karena di landasi dengan nafsu semata!, jadi tolong jangan membawa dasar syariat kalau memang karena nafsu.. apalagi kita hidup di indonesia, taatilah ALLOH, Rosulululloh dan ulil amri/pemerintah.. kan di negara kita sudah ada undang2nya tentang poligami, karena itu akan mmbawa dampak resiko yang besar…

  • John

    QS4:34] Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. Sebab itu maka wanita yang saleh, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka). Wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyuznya, maka nasihatilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka, dan pukullah mereka. Kemudian jika mereka menaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.
    —————————————————————-
    [QS 17.32] Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk.
    ——————————————————————-
    [24.2] Perempuan yang berzina dan laki-laki yang berzina, maka deralah tiap-tiap seorang dari keduanya seratus kali dera, dan janganlah belas kasihan kepada keduanya mencegah kamu untuk (menjalankan) agama Allah, jika kamu beriman kepada Allah, dan hari akhirat, dan hendaklah (pelaksanaan) hukuman mereka disaksikan oleh sekumpulan dari orang-orang yang beriman.
    ——————————————————————-
    [24.3] Laki-laki yang berzina tidak mengawini melainkan perempuan yang berzina, atau perempuan yang musyrik; dan perempuan yang berzina tidak dikawini melainkan oleh laki-laki yang berzina atau laki-laki musyrik, dan yang demikian itu diharamkan atas orang-orang yang mukmin.
    ——————————————————————-

    [ QS 24.31] Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak daripadanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya, kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita Islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.

    ——————————————————————-
    [QS 33.35] Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyuk, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.
    ——————————————————————-
    [QS 33.59]
    Hai Nabi katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha pengampun lagi Maha penyayang.

  • Mala

    Setiap perbuatn ada balasanya masing2,semoga mbak di bri ktabahan dalam menjalani hidup yg tidak tidak lama ini…dan di beri kesadaran untuk kembali ke jalannya yg diridoi ..

  • Afuwzza

    Menurut q mbak minta maaf ma suami.. Kl mbak mw.. Walaupun mbak di madu mbak masih punya kewjiban sebagai seorang istri.. Itwlah dunia cuma sementara tapi banyak godaanx… Kl embak ikhlas ridho Allah menjanjikan surga.. Kalo sebaliknya ga ada ampunan bagi istri yg durhaka pada suami..

  • Cherry

    Saya laki2 usia 23 thn,udh 2 thn menikah.. Selama ini saya slalu berusaha memberikan yg terbaik u/ anak&istri saya. Tp apa yg saya terima? Cuma tekanan,depresi & sakit hati karena ke’egoisan istri saya. Jika suatu hari nanti saya berpaling ke wanita lain,apa saya salah?? Setiap perselingkuhan pasti ada sebab,jgn hanya menuduh lelaki yg salah.. Lihat kondisi’nya dulu..
    Untuk masalah poligami ane ga berani comment,itu urusan pribadi masing2 tanggung jawab bukan sama manusia,tp Allah..

  • Oppui Rakmu

    Keduaduanya salah! Baik suami, maupun istri! Klau da masalh, bicarakan! Lalu sama2 dicari solusinya yg tdk menguntngkan sebelah pihak saja! Trima kasih!

  • lintang kencono

    yang mau poligami silahkan asal adil sama istri2nya, tidak ada saling cemburu.

    jika poligami tujuannya cuma untuk menghindari zinah/selingkuh alangkah rendahnya pria2 muslim, sholat dan puasa ternyata tidak berhasil menempanya.

    ttd
    muslim

    • nikah

      apa dan bagamana hidup yang kita jalani adalah yang terbaik bg kita.sabar,bersyukur pasrahkan dan kembalikan smua sgla urusan kepada Allah SWT.KITA MANUSIA bisa apa !!!! cpa bisa jawab.

  • yono

    dari pada km zina bagus km minta cerai habis itu menikah sama yang baru,baru dech km serahin semuanya.kan enak sama enak kmhamil punya anak km senang dia juga senang,klau skarang kmhamil ditinggalin gimana km&anak km

  • yonokuncoro

    yah hidup begitulah
    didunia ingat orang tua,keluarga
    lalu ingat dosa
    trus saat meninggal disiksa karena kesalahan kita sendiri
    bersyukurlah km krena masi ada yang peduli serta mengingatkan km
    dari dosa-dosa besarmu itu
    bertobatlah dari pada km mati dalam keadaan berzina
    ingat malu orang tuamu ayah,ibu serta kluargamu
    pulanglah kerumah orang tuamu atau sodaramu ceritakan semua
    Aku yakin mereka bakalan membimbingmu kejalan yang benar
    bagi laki2 jangan poli gami 1 istri aja gak habis2 biarkanlah maut yang memisahkannya

  • pasio

    wes emboh,karep2e kono

  • gobiel

    jika kita muslim, masih banyak jalan menuju mekah (bukan Roma)
    jikalau kita telah berkaca pada cermin, maka kita di wajibkan untuk memegang teguh peraturan (aturan-aturan ALLAH swt).
    bukan malah memutar-balikan peraturan ALLAH swt.
    bagi yg ingin membaca halaman tulisan ini silahkan..
    bagi yg tidak setuju.. jangan memulai perang pena.

    ALLAH itu rahmatan lillahitaallah
    saya rasa halaman ini bisa menjadi renungan untuk kita para pembaca, agar lebih sabar di jalan ALLAH swt
    ALLAH itu rahmatan lillahitaallah
    semoga kita dapat mengambil hikmah dari tulisan atau halaman ini.
    semoga kita masih dijalan ALLAH swt.
    “amin”

  • Mas Iyan

    Pertama, saya turut prihatin dengan apa yang menimpa Anda. Kekalutan biduk rumah tangga yang kian tak berarah. Semoga saat saya menulis ini, Anda telah kembali kepada fithrah jiwa yang lurus. Sungguh jiwa ini akan terus dalam kegersangan, manakala dibawa ke hal yang bertentangan. Sekalipun Anda merasa nyaman dalam maksiat, maka nyaman yang Anda rasakan itu hanyalah sesaat. Padahal hakikatnya Anda menjerit dalam lolongan pilu. Menjatuhkan diri dalam martabat yang rendah. Maka ketika Anda bertanya ‘apakah yang Aku lakukan ini benar?’ sesungguhnya Anda telah membohongi diri sendiri, karena Anda tahu bahwa, Anda sedang melakukan kesalahan. Jiwa Anda akan malu saat ketahuan berbuat salah. Maka Anda sembunyi-sembunyi bukan? Renungkanlah..

  • Mas Iyan

    Kedua, disaat Anda mgetahui suami berbuat salah. Anda menanggapinya dengan membalas. Padahal hakikatnya Anda sedang menghancurkan diri sendiri. Suami Anda bukan musuh, jika ia keliru sejak awal. Mestinya Anda nasehati dg bijak penuh kasih sayang. Bukankah ia Ayah bagi anak-anak. Bukankah Anda mencintainya. Jika Suami tidak berfikir dg akal sehatnya saat berbuat salah. Maka Andalah yang menasehatinya dg akal sehat. Api akan padam dg air, sbgaimana keburukan sirna dg datangnya kebaikan. Tapi, disaat Anda mencari solusi dg jalan yang sama. Maka saat itu kapal layar Anda terbakar habis lalu tenggelam.

  • Bondi

    Siti khatijah prnah brtnya kpd rasulullah.ya rasulullah..siapa kah wanita yg pertma msk surga stlah aku?rasulullah menjawab..kamu pergi kerumah di ujung jalan,dia lah orgx.
    Dlm rmh tsbut ada istri shleha yg bgtu takzim pd suamix,suamix bkrja jualan yg plg krmah smggu sekali,saat suamix brgkat krja sang istri mgantar suami smpai pgar dpan rmah,suami pun memesan pd istri agar jgn mnerima tamu laki2 saat saya gk ada dirumah.
    Saat khatijah dtg bertamu krmh tsb dgn mmbwa balita.assalamualaikum..khatijah mmbri,istri shaleha tsb mlihat d blik jndela siapa tamux,krn ada balita laki2 dia gk brani mmbuka kan pintu takut dgn larangan suami,khatijah memberi salam lagi sampai 3x ttap tdk ada jwban,akhirx khtijah plg,bsokx khtijah dtg lg dgn msh mbwa balita,msih tdk ada jwban dr dlm rmh,bsokx lg saat khtijah plg dr pasar snggah lg drmh tsb tnpa ada balita bserta bliau,bru wnita tsb mmbka kn pintu.
    Khtijah : sudah 3x sya ksni tp tdk ada jwban,apkah anda sdg tdk drmh?
    Istri shalehah: maafkan sya..sy tdk brani mmbuka kn pintu krn suami sy melarang terima tamu laki2,bukankah kmarin anda dtg bsrta balita laki2?
    Khatijah : iya..0..(khtijah kgum,srta pnasaran krn mliat ada cmbuk srta hnduk yg dilipat rapi d ats meja)lalu khtijah brtnya,untk apa cmbuk srta hnduk trsbut?
    Istri sholehah : hnduk trsbut sy usap kringat suami sy wkt bliau lg mkan.
    Khatijah : klau cmbuk ?
    Istri sholeh : sy siap dipukul suami jk msakan sy tdk brkenan dimulut bliau.
    Wahai rekan2 smua..jika istri sholehah spti apa msh ada pria yg berpoligami demi nafsu?apa msh ada pria y tega mmukul istrix hny gr2 gx enak msakan?jika emg ada sgguh pria tsb tdk pny ht nurani,andai sja msh byk wnita sholehah didunia ini sungguh tak kn prnah ada lg kkacaun dlm rmh tgga

  • dongok

    saya pikir haris tidak lebih baik dari suamimu, dia hanya memanfaatkan kamu saja disaat kamu rapuh, siapa tahu kamu perempuan kesekian buatnya.

  • Mas Iyan

    Ketiga, saat Anda mgtakan suami telah nikah lagi. Bahkan kmudian Anda myetujui hal itu skalipun dgn trpaksa. Maka ktahuilah, bhw Anda sedang diatas jln yg benar. Poligami secara fakta adalah solusi yg paling tepat. Thn 98 data di jkt saja, jmlh pria dan wanita usia produktif 1 : 4 artinya, jk 1 pria nikah dg 1 wanita. Ada 3 wanita tdk nikah. Sedangkan tiap thn jml ini makin tidak imbang. Mau kmana wanita ini. Di negara kuwait, wanita2 yg blm nikah menyurati para wanita yg bersuami agar mengizinkan suami mrk nikah lagi. Tdk adil jk mjdkan kegagalan poligami dr sbgian org yg diangkat media dijadikan alasan bhw poligami itu dilarang. Sdg Anda (komentator) tdk mjdkan kgagalan monogami utk melarangnya. Anda tdk tahu btapa byknya mrk yg bhagia dg poligami.

  • Mas Iyan

    Keempat, poligami itu hukum yg tlah ada sjak dulu. Tdk dihapus oleh Sang Pencipta. Dan tdk btuh perstjuan umatNYA. Siapa yg menentang, sungguh ia hanyalah makhluk yg lemah, tdk paham kemashlahatan secara universal. Andai smua org menentangpun, tdk akan mengurangi kesempurnaan hukum Alloh.

  • umaik

    masih ada waktu,bertaubatlah wahai saudariku.Semoga ALLAH menerima dan mengampuni dosa-dosa kita.amin

  • w0ng edan3

    ki kbeh pd0 ngm0ng oppo!!!

  • Andi

    Jgn hanya menasehati..yg setuju poligami,babi itu namanya,krn agamapun gk bs asl menghalalkn poligami,agama apaan itu?brarti Tuhannya tukang kawin tuh.n tkang ngentot jg tu kayaknya. Klo alsannya bs menafkahi,jman skrg dah terblik,dah perempuan yg cr nafkah.hargai dkit perempuan,krn perempuan jg manusia coi….agama n Tuhan tai itu yg menghalalkan poligami..

  • rai

    yaudah sih terserah mereka aja… nggak ada yang berhak menghakimi siapa2 disini karena cinta ga pernah salah, kalian juga gatau kan apa yang akan kalian lakuin kalo ada di posisi dia?

  • dikman

    intinya sekarng bagai mana kita hidup aman dan terhindar dari cobaan yang seperti diatas….

  • Raufiq nanto

    Lanjutk an aja selingkuhnya udah tanggung udah pasti masuk nerakan ini mendingan nikmati hidup yg tinggal sementara ini selingkuh terus ayo maju

  • Arseto

    Udah lah gk ush pd ribut kawan, jadilah orang2 yg berfikir. qt diberi akal untuk berfikir… Jgn sia2kan.
    Klo Msalah poligami memang d bolehkan dlm islam, sunah rosul. Tp bwt ap qt lakukan kalo smua it akan menykiti org lain. Msh bnyk sunah yg dpt qt jalnkn yg tnpa menyakiti siapapun.
    Trmksh.

  • bismillah

    bagi pemuda pemudi islam, kita sesama islam wajib memberitahu. klo udah mentok baca alqur-an yg bersangkutan dgn hukum poligami… smua orang tidak menginginkan poligami, ada pro-kontra, di alquran smua firman ALLAH ada penegasan-penegasan dari hukum allah, biasanya ada di akhir ayat… smua didunia ini adalah permainan semu… smua itu di ciptakan oleh ALLAH… hanya ALLAH yang tahu sebab-akibat… yg terbaik dan terpenting sebatas mana iman kita ketika ujian datang pada kita… istri dipoligami ujian bagi istri… suami di hadapkan pada wanita ujian bagi suami… smua itu ujian… tergantung bagaimana kita menyikapinya yg akan continue tujuan hidup kita akan kah kita layak di surga allah,, atau kah dineraka allah…. ALLAH menciptakan alqur-an dan hukum didunia supaya menjadi landasan dr jalur lurus hakiki ketika kita keluar dari jalur alquran dan hukum ALLAH… dan masalah alqur-an menghalalkan poligami hanya ALLAH yg tahu maksud dan tujuannya… jd kita manusia jgn menjadi orang yg merasa pintar diantara manusia lain, jadi jgn sampai kita merasa punya hak untuk mengubah atau memanfaat sesuatu yg telah ditetapkan ALLAH, karena smua pengetahuan itu milik ALLAH…

    nb: bg agama non muslim bagimu agamamu dan bagiku agamaku jelas surat alkafirun ditujukan untuk orang non muslim yg memprotes hukum islam hukumnya allah…

  • mukhammad fawzy

    poligami memang di blehkan dlm islam,,,,sbgai lelaki aku stuju aja,,,tpi aku gak akn pligami krna q gk akn mampu mnjalaninya,klaupun ada orang pligami trus kluarganya brantakan ,brarti orang tsb pligami ats dasar nafsu birahi…..syarat pligami ada 2: mampu nfkah dhohir batin. dan adil,,, dlm hal yg bisa dibagi,,bkan hal yg abstrak,,,nah adil inilah kbanyakan orang tdk memilikinya,,,mkanya jdi brantakan….

  • Test

    Alala…

  • D-Wee

    Pada intinya gak ada seorang wanitapun yg mau d madu,klo seandainy a dia g d sakiti,,g akan dia berlaku kejam….

  • vika

    buat cros-memang di agama kristen diajarkan hukum kasih bahwa manusia yg tlh diprsatukan gak boleh dipisahkan lagi,bahkan setelah pasangannya meninggal.aku sendiri juga sama dg agamamu.
    tapi aku tetap menghargai umat muslim yg ngajarin kalo kaum prianya blh mlkkn poligami asal untuk tujuan yg benar bukan untk kepuasan semata.bkn brrti mndkng lho,karna yg namanya cew pasti skit hati klo suami pnya istri yg lain,tapi coba pikir diluar sana bkn sedikit kan ceweknya,dan banyak janda juga yg bth seorng pndmpng.
    ngapain sih kita menjudge atau ngatain org cuma krn beda pndpt?lagian tuhan kita juga sama kan?

  • anyce

    bukannya dalam ajaran agama islam kita tidak diperbolehin untuk menyakiti hati sesama manusia?lalu apa bedanya dg poligami?bknnya malah membuat sakit hati istri mudanya?kalau poligami dibolehin sama aja dong kita dibolehin buat nyakitin hati org lain?secara,nggak ada hati wanita yg gak terluka kalo suaminya mau nikah lg!

  • muhamad

    kenapa allah mesti menghalalkan yg namanya poligami?kalo aja allah itu wanita pasti gak mungkin dibolehin poligami!

  • ian prabu

    Inilah kesalahn besar yang akan menambah permasalahan buat diri kamu sendiri,karna kamu telah terbawah dendam,kalau soal Poligami zaman sekarang kelihatanya tidak ada buat hukum islam,karna poligami sekarang saya lihat poligami yang mempunyai nafsu bukan membawah dampak yang baik,kalau di kaitkan zaman dulu dan zaman sekarang sangat bedah,kembalih kepokok persoalan kiranya kamu sebagai wanita yang masih muda dan masih hot kiranya mita bercerai dan mencari suami mu yang sederhana dan bisa membawah kamu lebih baik lagi,dari pada memilih suami yang kaya tapi kelakuan bejat,mulai dari sekarang berbrnah diri karna yang rusak bukan orang lain tapi diri kamu sendiri,sebelum melangkah lebih jauh lagi lebih baik kamu tersadar dari kesalah kamu sendiri,semoga kamu bisa berawal dari awal untuk kehidupan baru kamu,jangan sampai terjerumus lebih dalam lagi,inilah lubang kehancuran dan jurang yang dalam akan menantimu,sadar……sadar…..mulailah buka lembaran baru,karna kamu wanita muda dan masih ada harapan untuk kedepan

  • DEA

    MEMANG DLM HUKUM AGAMA POLIGAMI SYAH TUK KAUM LAKI2,TP ITUPUN KLU WANITA X DGN IKHLAS MNERIMA,TP INI MNIKAH SCARA DIAM2 TNPA PRSTUJUAN DN SPENGETAHUAN ISTRI LEBIH DULU,SAYA RASA ITU ATURAN YG SALAH DLM BRPOLIGAMI,LAKI2 CMAN INGIN MENANG SNDIRI DN MMENTINGKAN KE EGOISAN X, MLMPIASKAN NAFSU SMATA DMI KPUASAN X,BUKAN KAH WANITA ITU LEMAH DN TK BRDAYA, SIAPA PUN WANITA X TK MAU DI DUA KAN BTAPA SAKIT X HATI INI, IBARAT PEPATAH BUKANKAH ADA PRNIKAHAN DN ADA PRCERAIAN, SARAN KU KLU MEMANG RUMAH TNGGA SUDAH TDK BS DI PERTAHANKAN LG DN SUDAH TDK SEIRAMA BT APA DIPRTAHANKAN, KLU HATI KITA TDK NYAMAN DGN KBRADAAN WANITA LAIN DI SMPING X, CKUP KITA AMBIL KPUTUSAN, YAITU CRAI ITU LEBIH BAIK,DRIPADA MNYAKITKAN HATI DN TRUZ BRGELIMANG DOSA DLM PRSELINGKUHAN, KLU SJ SAJA AGAMA MMPRBOLEHKAN WANITA TUK BRPOLIGAMI LEBIH DRI SATU SUAMI YA SAYA STUJU. CMAN DI SINI TDK DI PRBOLEHKAN MNURUT AGAMA, INTI X SY TDK SUKA MNDENGAR LAKI2 BRPOLIGAMI.

  • DEA

    numpang nimbrung nich lgi2 ngomongin soal poligami, walaupun jaminan x sorga tp aqu sich ga mau di poligami dripada d dua mndingan cerai,mnyakitkan dengar x aqu ga rela n ga ikhlas klu laki2 pcaran lg,benci aqu apalgi yg nama x d madu tak ada se orang wanita yg mau di dua n cnta y di bagi. bohoooooooooong besar laki2 penakluk wanita n penipu cnta, bassi tau cman pengen menang ssendiri

  • Karir Gue

    berhentilah saling menyalahkan

  • http://kisahislami.com Kisah Islam

    kita kembalikan saja pada mereka yang berselisih

  • nova

    semua pria suka bilang kalau dia mau poligami mengikuti sunah rossul,coba deh kalau mau mengikuti Beliau ,contohlah untuk pertama pernikahannya dengan siti Khodijah, contohlah itu dulu wahai laki2.

  • yan

    cerita di atas sekarang terjadi padaku.tetapi ini karna aku di tinggal suami selingku terasa sakit sekali.akhirnya aku pacaran lagi pada mantan pacarku akhirnya timbul rasa cinta n sayang padanya

  • bd4re

    dunia adalah lahan cobaan, kenyataannya aku, juga istriku telah gagal menghadapi cobaan ini, saling balas karena sakit hati.
    keputusan akhirku, 6 bulan yang lalu kami cerai talak 3 karena cuma itu obatnya. aku cuma berharap Allah memberikanku istri terbaik yang akan mendampingiku selanjutnya.
    masalahnya.. hati ini sering menangis menahan rindu kepada kedua anaku yg sekarang ikut ibunya dan menyalahkanku atas perceraianku dan tak mau ketemu dnganku..

  • rhttp://www.facebook.com/groups/162808497072816/

    menikah adalah akad jual beli, wanita yang tdnya milik ortunya jadi milik suaminya= istri milik suami, istri telah dibeli, jiwa raganya, sehingga dinafkahi, diberi pakaina, makanan, dan seks, istri menerima dan menjaga kepercayaan suami,
    maka dalam suami selingkuh /kawin lagi boleh asal dia istrinya dicukupi, termasuk kepada istri kedua,
    maka jika memahami ini istri tak ada alasan untuk mengelak,
    maka ibarat anda punya pembantu yang anda gaji 1 bulan tapi ia bekerja di rumah tetangga tnp izin sewot ga?
    lain hal klo istri tadi tidak diberi nafkah belanja maka bisa dikatakan impas sekalipun tetep salah dalam mata agama karena istri tsb masih hak penuh suami sebelum ada ucapan pembebasan/talak,

  • yandi

    gila bener comentnya atas cerita di atas
    hingga akupun ingin berkomentar atas semua yang tertuang di rubrik ini
    bagiku apapun yang terjadi dalam hidup ini
    segala sesuatunya kembali pada kita sendiri,baik atau buruk itu akan kembali pada kita masing2,tak ada yang sempurna itu yang pantas untuk kita pikirkan, dunia ini tempat kita untuk menjalani kehidupan sebelum mati.
    dan aku menganggap berbagai problema hidup ini tak lain hanyalah isi dari cerita hidup yang kita jalan, Tuhan menciptakan slalu berpasangan, na itu yang terjai dalam komentar cerita di atas, ada yg setuju ada yang tidak, ada yang slingkuh ada yg tidak, sekarang anda termasuk golongan mana????

  • singolawe

    daripada selingkuh menjadi beban pikiran serta dosa besar bagi yg memahami problem ini….yah kalo buat gue mendingan bercerai secara hukum islam…..

  • joujimboeik

    he heheh emang enak berpoligami sech…..
    ikut jejak nabi harus itu tapi INGAT apa kamu udah bisa seperti nabi????!!!! dan yang terpenting liat2 dulu apa sesuai dengan kondisi sekarang ini!!!!! apa kalian’ mo sama seperti nabi???? ikut tuchh…. dulu nabi kemana2 naek unta mau???
    ada

  • Fitrah

    dri kisah diatas,,,,bnyak yg hrus kita ambil hikmahnya,,,,,!!!
    sumber dri permasalahan diatas adalah Hawa Nafsu dan Dendam,,,!!
    itulah manusia,,,tak prnah mrasa Puas,,,!!
    yg membedaan manusia dng manusia lainnya hnyalah IMAN,,,
    sebesar apapun masalah yg dihadapi,,,psti ada jln keluarnya yg baik,,,krn itu telah di jelaskan dalam AlQur,an,,,
    dan Allah takan pernah memberikan cobaan yang melampaui batas manusia,,,
    Jadi yakin dan percayalah pda diri sndiri,,,!!Ikuti Kata Hati dan jalankan Perintahnya,,,,!!insya Allah kt bs mengatasi smua Msalah yg ada,,,,Amin,,,salam pershabatn…!!

  • rahman

    tidak ada yang melarang poigami, bahkan ada di dalam al qur’an Yaitu nikahilah perempuan, dua,tiga,empat. kalau tdk bs berlaku adl maka cukup satu saja………

  • HAMBA ALLAH

    SEMUANYA BENAR KO .. KENAPA SUSAH SUSAH .. AMAL DIA BUAT DIA, AMAL AKU BUAT AKU .. AMAL GAK AKAN KETUKER KOK ..
    TENTANG POLIGAMI .. ITU MAH KEMBALI KEPADA DIRI DAN HATI KITA MASING MASING ..!! OKEEH JANGAN KARNA CERITGA DI ATAS KITA JADI BERANTEM .. PASTI LAH SEDIKITNYA HATI PEMBACA JADI PANAS SETELAH MEMBACA KOMEN KOMEN NYA ..! APAKAH KITA GAK NYADAR, DALAM ISLAM KAN DIHARAM KAN KEPADA KITA UNTUK SALING BERDEBAT, KARNA PERDEBATAN AKAN MEMUNCULKAN KEPA NASAN HATI KITA SEHINGGA KITA MENJADI KURANG KONTROL DALAM BERBICARA ..! OKE OKE AZ LAH .. MASALAHNYA APA, DIMANA, SIAPA, KPOK KITA YANG JADI RIBUT ..!

    KALO ADA KATA KATA SAYA YANG KURANG SILAHKAN KIRIM PESAN KE moeh.anis@gmail.com

    • wanda

      waaaaaawwwwwwwwwww………hebaaaaaaattttt………saluuuttt aku brow….lanjutkan debatnya…..cerita dewasa mengundang banyak comment…tambah pinteeeeeeerrr wong indonesia rek….salam buat ente brow bisa menenangkan sohabatul muslim

  • Ummu balqis fahrurozi

    Alloh yg menciptakan qta dari setetes mani yg hina, Alloh yg menetapkn syariat polygami apakh qt manusia ini punya hak menentangnya? Tidak ada yg salah dr firman Alloh tntang polygami, tinggl manusia itu mampu atw tdk mlaksnakny ssuai dg sunnah.. Suamiku kurelakan kau polygami,smga Robb ku menjagamu.. Barokallohufykum

  • Mr. Sin

    Sesuai benih yg ditabur,demikian yang akan ditunai, menanam perbuatan buruk berakibat penderitaan, si pembuat kebajikan akan mengunduh kebahagiaan.
    Perbuatan baik atau buruk tidak berhubungan dengan agama tetapi siapa yang melakukan, kebencian jika di balas dengan kebencian maka tidak akan pernah berakhir, namun jika dibalas dengan cinta kasih yang tulus maka akan berakhir.
    Maka apa yang dilakukan baik atau buruk menunjukkan karakteristik asli si pelaku.

  • orangtua

    kasihan… keadilan yang tak adil

  • Vlori

    Semuanya salah!
    Yg jelas tidak ada yg benar,mgkn anda sbg istri terlalu percaya pd suami dan tdk bs melayani suami dgn baik(tdk bs masak,dandan alakadarnx,ato lebih rumit lg klo diranjang dan urusan sex anda monoton aja,maklum klo sdh punya anak tuh biasanx perempuan makin males).Akhirnx suami anda selingkuh,..klo sdh terjadi br anda salahkan siWIL(bilang perusak rumah tgga orglah,penggoda suami oranglah..pelacurlah)padahal anda tdk tau apa yg sebenarnx terjadi,dan apa yg dikatakan suami anda ttg anda keWILnx.Anda bukanx intropeksi dan membenahi diri,malah ikut selingkuh jg.Brarti anda sama bejadnx dgn suami anda..
    Suami anda lebih bejad lg,uda punya istri dan anak tp msh ngaku bujangan(ato mgkn mengaku sdh gk rukun dgn anda,rmh tgga diambang khancuran,istri tdk bs membahagiakanlah..)anda tdk prnah tau bgmana prasaan dan bban moral siWIL kan,mjdi simpanan yg dia sdri sbnarnx tdk mau sperti itu.Apa anda lupa,laki2 akan mlakukan apa sj utk mdptkan anda mjd istrinx ketika pacaran dlu,bgtupun ketika dia menginginkan perempuan lain,apapun alasanx dia akan brusaha mndptkan yg dia inginkan utk kepuasan hatinx saja.Sedangkan haris,lebih bejad lg dr suami anda..anda tdk sadar,klo sbnarnx haris hanya mngambil kesempatan dr kesusahan dan rapuhnx anda,coz mana ada kucing yg bakal nolak klo dikasi ikan,gratis pula!!anda justru memperumit hidup anda,anda pikir haris akan ttp mau dgn anda jika uda gk ada duitnx..bisa2 siharis jg selingkuhin anda pula..apa anda gk lebih terpuruk lg setelah itu.Lebih baik selesaikan masalah anda dgn suami,jika anda ingin punya khidupan normal,sbaiknx bercerai..dan buka lembaran baru dgn pria yg sungguh2 ingin berumah tgga dgn anda,tp jika anda msh berthan dgn suami anda hanya demi nafkah..uang itulah yg akan menghancurkan hidup anda secara prlahan-lahan.Klo mmg anda msh mencintai suami dan keluarga anda,anda hrs kuat dan tegar menghadapinx.Drpd anda sibuk mencari cara utk membls dendam,lbih baik anda berdoa,sabar dan melakukan hal yg positif utk keluarga dan diri anda,krn membalas dendam tdk ada untungnx jg,hanya membuang wktu sj..saya bukan seorang muslim,dan saya korban simpanan,tp saya percaya Tuhan yg kita semua sembah,Tuhan yg sama..Berkuasa diatas sgala ciptaanNya dan mampu mengubah hidup umatNya mjdi lebih baik,asal kita sendiri mau.

  • H DAENG SIGAUK

    sekarang marak …..!!!!

  • Zaenal al habsy

    Urus saja kelakuan kalian smua, jgn ngurus org lain trkecuali apabila kalian merasa paling benar. Ranai

    • ria

      jngan gt lah.. kita sesama umat.. hrus sling menasehati jk ada salh…

  • afqie

    itumah bukan balas dendam tapi memang murni karna pengaruh setan

  • could

    wah coment cih hebat….kenyataannya gimana….kita masih manusia looooo….

  • ria

    masya allah…sadar.. anda sdh terpengaruh jbkn seytan… apapun alsan yg anda lkukn… yg jels itu zina…..

  • eko

    wah..wah…
    luar biasa masyarakat Indonesia ni..
    merasa dirinya atau yang diyakininya adalah yang paling benar..

    “tong kosong nyaring bunyinya..”

    mungkin itu adalah peribahasa yang paling tepat buat mereka-mereka yang mengatas namakan TUHAN untuk memperkuat argumennya…

    membicarakan surga dan neraka dengan detail..lucu ya…apakah kalian pernah pergi kesana???

    menjelaskan isi ayat-ayat alquran maupun kitab suci…
    hebaaaattt….nilai agamanya pasti A++ tuh…

    “sesunggungnya iman tanpa perbuatan adalah kosong……”

    percuma tahu isi alquran atau kitab suci tapi perbuatan sehari-hari tidak mencerminkan isi dari keyakinan tersebut…malah menambah dosa aja….ibarat meletakkan isi alquran atau kitab suci ke sebuah piring berisi kotoran dan kemudian memakannya…

    jangan sok tahu mengenai agama…belum nyampai dan belum layak otak dan hati kalian sobat….

    siapa salah siapa benar itu urusan nanti lah….

  • qorry

    jangan merasa sok suci semua bung!!
    klu ngebahas masalah yang di atas g usah bawa2 nama ISLAM bung!!NORAK bgt…

    blasan untu curhat::: w g bisa intimidasi elo n haris dosa, atau suami lo n istrinya juga, yang w tahu lo dah besar uda ada akal, klu merasa tidak adil ya lo cerai aja, lo juga termasuk cewek cinta harta, egois, pantesan suami lo manfaatinnya. klu lo cerai dan hidup normal lagi. g akan jadi begini. dewasa itu perlu mbak, sebelm lo bertindak
    maaf klu w kasar ngucapnya, tapi LOGIKA harus di pake, w juga prempuan masalhnya.

  • nanda

    a

  • bangfays

    semua tergantung niatnya…klo niatnya baik pasti mendapatkan kebaikan begitu pula sebaliknya…

  • chuky

    qt hidup di dunia ini memang penuh banyak ujian dan cobaan dari Sang Khalik, hanya keikhlasan yang bisa menundukkan dunia dan obat mujarab apabila ada banyak cobaan adalah Zikii dan berdoa semoga suami anda bsa menjadi suami yang bertanggung jawab, hidup di dunia ini hanya untuk sementara kita blum tau kapan ajal menjemput jadi cepatlah bertobat dan kembali ke jalan Alloh yang di Ridhoi

  • MAS WID

    MEMANG BENAR YA CERITA DATAS,KOK SEMUA TERBAWA ARUS YG BLM TENTU KBENARANNYA, DIA TAKUT CERAI KRN KUATIR NDA BS MAKAN BERARTI CEWE MATRE MUNGKIN DULU MAU DNIKAH KARENA LHAT LAKI2 BNYAK HARTA, YG BICRA POLIGAMI HATI2 JGN KRN NAFSU JUAL AYAT/AGAMA UNT PEMBENARAN ITU JG DOSA BOS.,

  • Vanez

    Sabda rasullullah saw

    ”Dan janganlah kamu mengikuti sesuatu yg kamu belum mempunyai pengetahuan tentangnya.
    Karna sesungguhnya pendengaran,penglihatan dan hati semua itu akan diminta pertanggung jawabanya”.

  • jahini

    Pengumuman…..!
    Unutk diketahui bersama, yang namanya POLIGAMI adalah salah atau mungkin dosa. Jangan ada yang menghalalkan yang namanya POLIGAMI. Emang PLOGAMI adalah salah satu gambaran kebezatan kaum pria. Mari kita merenung bagi anda yang punya pikiran dan rasa serta logika. Perkawinan adalah suatu yang sakral dan dijaga, dalam keadaan susah dan senang, sehat atau sakit. Maka jika ada yang poligami itu adalah alasan kebezatan kenikmatan semata. Jadi tidak alasan yang mengatakan POLIGAMI itu benar. Sipa pun yang melaksanakan sekalipun NABI. Titik………!

  • Ninxie

    Aku ga setuju POLIGAMI,karena tidak ada yang adil dan sesempurna sifatnya Rasulallah SAW,sehingga para istrinya merasa tenteram. Laki2 sekarang ini,poligami bertujuan untk memuaskan nafsunya yg besar. Yang tidak taat beragama memilih berzina,yang sedikit taat dan mengerti lebih memilih BerPOLIGAMI!Siapa yg mampu menyamai Rasul?tidak ada!

  • orgil

    Brow…..kalau ngukur penyaluran sahwat yg bener gak ada habis-habisnya brow…, ampe dunia kiamat…, namanya juga shahwat…,bul shit kalo ngomong ini itu ini itu…..,shahwat ya tetep shahwat…

  • asep muhammad

    memadamkan api bukan dengan api, tapi dengan air, air adalah bimbingan agama, apapun agama anda. kembalilah sebelum terlanjur lebih jauh. Tuhan akan murka pada orang yang selalu mendahulukan hawa nafsunya.

  • supriyanto

    udah ada dua jalan tinggal pilih surga apa neraka.kembalinya ke kita mau mana yg dipilih.yg paling menjengkelkan tuh orang yg ngawur hidupnya pengennya masuk surga, contohnya istri balas dendam ini yg ngawur banget, mbok ya tanya sama Tuhan pasti dijawablah, yg penting tahu caranya. Tu masalah bisa diatasi,Ok

  • Aman

    Kesimpulan :
    pada tau gk rosul poligami bkan keinginannya sendiri..
    ketika dijodohkan dgn aisyah rosul ja sempat mnangis krna gk mau poligami.knp?
    rosul tau betapa beratnya brpoligami..
    dn Allah menegur rosul agar ttp menikahi aisyah.yg luar biasa dri aisyah adalah dia satu2nya istri rosul yg pling bnyk hfal hadits,berani n pintar.
    rosul berpoligami jga bukan muda2 tpi udah tua2 lebih tua dari rosul dah bukan cantik2 bahkan ada yg negro.
    bersambung…

  • susana

    apakah jalan hidup ini membuat anda bahagia? kebahagiaan itu hanya bisa diperoleh lewat jalan yang sehat. ambillah keputusan dengan baik tanpa merugikan siapapun. saya yakin kita tidak akan rugi ketika memilih jalan yang baik. tuhan bersama kita

  • ipunk

    i like

  • Restika

    Kalau aku pling g stuju dgn adanya poligami krna itu nyakitin pr wnita, suami yg otaknya mesum aja maunya poligami g mkrin gmn sktnya prasaan seorang istri. Apa dia g mkrin prasaan kta emgnya kt btu apa yg g pnya prasaan, kalau aku pnya suami ky gt lgsg tk crai aj, emangnya kta kuat apa nglhat suami kt yg kt sygin kt hormatin m cewek ln, kalau aku tak santet aj tu cowok biar adil g ada yg ngrasain mnang dptin dia, POLIGAMI NYAKITIN BANGET BAGI PARA WANITA…!!!!

  • Toro

    Pada masa zaman Rasul Muhammad dan orng2 muslim melakukan poligami adalah di masa itu kaum laki-laki muslim sangat sedikit di banding perempuannya, dan juga memang pada saat itu islam adalah agama atau dien yang benar sehingga ada aturan perempuan muslim pada saat itu tdk mau/boleh menikah dengan orng2 non muslim. Ada juga misi para kaum muslim pada saat itu untuk mempunyai keturunan2 muslim yang banyak agar nantinya menjaga apa yang telah diberikan Allah kepada mereka (Ajaran2 tauhid).

    Saat ini sangat sulit bs menemukan seseorng yang bisa di katakan muslim (padahal Allah selalu mengatakan kepada para rasul2Nya dan pengikut rasul adalah MUSLIM). Jadi saat Allah mengutus para rasulnya mereka itulah Muslim (melaksanakan perintah2Nya) tp setelah wafatnya Rasul2 pr pengikut dr generasi ke generasi melakukan pelencengan ajaran dr aslinya, makannya Allah selalu mengutus RasulNya untuk menyempurnakan/membenahi apa yang telah di ajarkan para rasul terdahulunya.
    Jadi poligami sangat tidak sesuai jika di katakan mengikuti sunnah Rasul, karena syariat itu di buat sesuai dengan kondisi pada zamannya.

  • http://www.facebook.com agungwasisbudihartono

    Nyimak Adja Gan.. :D

  • andi

    asik yeh..diskusinya….kalau ada yang mau poligami sampai 2000 silahkan bro jgn takut!!!!!selagi mash ada yg mau nikah aja,,,trus yang mau setia ma istrinya setia aja,,kalw perlu kalw istrinya sdh di bawah tanah ikut jg bro!!!tdk ada mslh nnt di hari akhir masing-masing pertanggungjawabkan perilakunya!!!!!!!1

  • Yudi.nww

    Sesungguhnya hanya allah yg lebih mengetahui kebenarannya.. Jalan yg terbaik untuk menyelesaikan permasalahan anda adalah kembali kepada kitapbulloh yaitu alqur’an..

  • rijal

    UDAAAH,, TAWUR AJA KALIAN ORANG ISLAM MA ORANG KAFIR,,,

  • Muhammad

    Aduh poligami lagi. Kuno tu yg benarkan poligami. Anda semua hrs tau akibat poli buruk sekali. Bini muda dikunjg trus lama2 bosan, balik bini tua. Bini muda piara laki. Soal ayat, katanya Allah maha adil, kok yg boleh nikah dua cuma laki? Lalu ktnya hadis sahih tu jangan bukan itu yg dimaksud. Anda tau gk nikah itu di hadis lain dibilang ‘Sunah ku’. Gk nkh gk dosa. Ini solat kagak, sholat bolong2 tapi kok nikah lagi? Jadi hukum nikah itu bukan utk manusia awam. Gw lebih pilih jinah daripada nikah lagi. Buat ibu itu, teruskan saja bu, sampe bathin ibu kembali tentram. ibu korban muslim kebanyakan. Gk ngerti agamanya sndri. Kalau dosa biar sy yg tanggung dosa ibu, biar sy yg masuk neraka. WTS Aja ada yg dijamin masuk surga, nolong anjing lagi. Tidak ada penegasan di islam bhw orang berjinah langsung masuk neraka, kec syirik aja. Masuk neraka pun gk apa, wong hadis2 juga cerita tentang penduduk terakhr yg meninggalkan neraka ke surga. Artinya neraka itu cuma sebentar, dan kata hadis2, neraka itu kosong dan manusia sndri yg datang mbawa apinya. Lagian Yg ada jg hitungan kumpulan segala dosa berbanding kumpulan segala pahala. Bukan krn zinah orang masuk neraka. Tetap lakukan hub dg haris demi ketenangan bathin, tapi tetap kewajiban ibadah lain jgn ditinggal bu. Ibu bs hub sy di laba72 at yahoo dot com, biar sy bimbing ibu untuk tentram nya bathin. Sy councelor di sebuah komunitas spiritual, berpengalaman nangani hal2 spt ini, di atas 2000 kasus.

  • kenzha

    dulu sy jg berfikir,knp org laki2 dan perempuan seakan derajatnya g sama,namun sy pernah membaca hadist yg isiny..

    1 orang perempuan buruk lebih buruk dari 1000 laki2 buruk,silakan diilhami sendiri

  • ezra aruan

    pokoknya, nga boleh poligami dan poliandri. Titik..

  • ezra aruan

    Tuhan menciptakan 1 adam dan 1 hawa.
    Cuma binatang yg slalu berpoligami dan poliandri.
    Maaff

  • Wahyu

    HatI2 saudara musLIm,dIsini banyak kafir ..

  • m

    kalau cara kmu bgitu, itu nama nya jina, sdankan m suami kamu sudameunikah,,,,, tidak berdosa, kalau kmu tidak sanggup, kmu minta pasah si saja di kua, dan kmu nikah aja sama his, biar kmu jangan becina….. dosa besar kmu aduami bejina….

  • Yasran Fuadi, SP

    laki,,,loe salah,,,,loe seagai istri jangan memperburuk situasi,,terutama menjerumuskan diri loe sendiri kelemah hitam,,,karena ada dunia yang lebih panjang setelah kehidupan ini,,,….tp kalau loe butuh gue,,,Hub. Hp.081374111139,,,

    • gue

      hehehehehe
      kata katamu bro
      sama aja jebakan

  • Cholik

    As..?
    Perihal ‘Poligami’? Secara hati; walaupn ‘bisa adik’ tidak akan baik, karena bisa menyakiti hati istri2nya, apalagi istri2nya sampe gak ikhlas, ditambah gak punya prinsip dan kurang tentang pengetahuan agama. Hal semacam itulah yang akan menimbulkn konflik rumah tangga. Firman Allah dengan tegas jelas2 menyatakan bahwa pria boleh menikahi wanita 2;3;4′ jika bisa berbuat adil’.

    Ini syari’at Allah, yang mana manusia sempurna apapun tidak bisa menantang tentang ayat ini, karena ini memang ketentuan dari Allah. Tanda kutipan sudah jelas, bahwasannya dengan tegas Allah memberi syarat yaitu ‘berbuat adil. Lalu yang menjadi pertanyaan adil yang semacam apa? Bagaimana wujud keadilan itu?, ini yang harus jadi pertanyaan besar buat kita, jika memang kita menyadari bahwa kita adalah makhluk Allah yngg tujuannya hanya akan mengabdi pada Allah. Dan akan menjalankan apa yang ada pada kitab2 Allah, salah satunya tentang ‘poligam ini’.

    Menurut saya dengan apa yang telah saya tela’ah, sebenarnya masalah ini bukan masalah besar yang harus diperbesarkan, namun juga bukan masalah kecil lalu dikucilkan. Kita tengok ke belakang, lihatlah kembali apa tujuan Rasul dalam berpoligami?, apakah sekedar pemuas nafsu? Karena kdrt? Kekerasan dalam berumah tangga?, atau alasan seperti apa yang rasul berikan?, taukah anda kapan rasul mulai berpoligami?, seharusnya jika topik seperti ini, kita harus menengok kembali kisah dan masa di zaman rasulallah SAW, jangan hanya mengambil dari satu sisi saja, yang ada hasilnya akan ‘relatif’ dan subjektif saja. Kita semua sadar Rasulallah tidak pernah melakukan poligami ketika dengan siti khadijah. Karnea Rasul ‘cinta dan sayang’ kepada istrinya, lalu apa yang diwasiatkan rasul?, ya jaga perempuanmu!

    Trus setelah sepeninggalan siti khadijah. Kenapa rasul berpoligami? Apakah rasul tidak sayang dengan istri2nya yang lain?, oh tentu tidak, di setiap sebab ada akibatnya. Rasulallah tidak pernah mengajukan diri untuk brpoligami, sebelum rasul menyunting istri2nya rasul terlebih dahulu menawarkan kepad sahabat2nya, dengan tujuan memperkuat benteng keturunan dan tali silaturrahmi.

    Nah, ketika sahabatnya sudah tiada yang menginginkan, barulah rasul menikahinya. Dengan sebab apa? Ya, Agar si perempuan itu tidak bersdih dan selalu tau bahwa islam adalah agama yang penyayang’. Islam bukan kekacauan, islam bukan agama keributan, tapi islam adalah agama yang dapat mmpersatukan umat dengan beragam cara dan bermacam politik.

    Intinya adalah jika sepenuhnya istri (yang mengerti tentang ajaran islam, dan faham dengan alasannya) lalu merelakan suaminya menikahi perempuan lagi karena mengharap ridho Allah, maka istri seperti itulah yang rasul janjikan akan masuk surganya Allah. Catatan; ingat itu terjadi hanya pada zaman rasulallah, dan istri2nya yang sholihah. Yang mengerti akan arti poligami rasul yaitu untuk islam, atas nama islam, dan demi Allah yang mengajarkannya dan menjaganya dari kesalahan.

    Selanjutnya, Allah dan Rasulnya saja yang menghantui betul tentang masalah ini. Saya hanya berbicara tentang apa yang diajarkan. Mudah-mudahan Allah selalu bersama kita amin yaa robbal ‘alamin. Wassalam.

  • metty

    mengapa selalu pria yg bisa POLYGAMI,. sdan wanita tidak,,… benar2 egois,..

  • r.moechtar

    ini namanya dosa yang disengaja. obatnya hanya tobat

  • Asep Umbaran

    Dalam Agama Islam memang ada bab poligami tapi Sunah dan bagi kaum muslim tahu arti sunah yg jadi persoalan kenapa kok demikian sensitif masalah itu bahkan tak kalah peka masalah warisan dalam aturan Islam bagian wanita lebih sedikit itu semua adalah aturan pada mahluk nya untuk kebaikan nah begini aja yang merasa memeluk agama Islam mau tak mau harus mematuhi segala aturan yg telah di tentukan kalau merasa keberatan tinggalkanlah dgn konsekwensi tanggung jawab kelak Islam tidak mengharuskan memaksakan perintah mau nurut atau tidak bagi Alloh tak rugi mau baik mau tidak tak jadi masalah tapi semua itu bagi kita kembali menanam kebaikan pasti kelak dapat balasan nya sebaliknya juga dan bagi anda merasa Tuhan tak adil apalagi menganggap hukum2nya membuat diri anda terbelengu tak masalah nanti anda juga akan merasakan dampak dari perbuatan anda sendiri, Hukum harus di tegakan bukan dgn perasaan kalau bicara perasaan pernahkah anda terketuk hati anda membantu sesama maaf agak panjang dalam aturan2 Islam banyak perintah atau aturan yang justru banyak logis nya tinggal di cerna dgn akal sehat kita ayo janganlah kita jadi panas yang merasa masih percaya pada Alloh mari kita sama telaah dan apa tujuan Alloh membuat aturan itu semua itu demi kebaikan kita Wasalam

  • Wanita rapuh

    Klo boleh jujur aq sgt menentang poligami.. Walaupun aq beragama Islam, tp aq tidak setuju… Bagiku masih ada jalan menuju surga selain merelakan suaminya menikah lg. Dan menurutku tidak ada laki2 yg seadil2nya seperti Rasulullah.. Alasan2 mereka cuma topeng, walaupun tidak sepenuhnya begitu.. Yg pastix aq akan menjaga suamiku dari godaan yg bs menghancurkan keharmonisan rmh tangga kami, karena aq adalah pelayan suamiku setelah dia mengucapkan ijab kabul.. aq pasti akan memenuhi segala apa yg diinginkanx, melakukan apa yg dia suka, dan menjaga kehormatan q agar dia bisa merasa sepeti seorang raja. Mudah2′an dengan begitu dia tidak akan melirik perempuan lain.. akan tetapi seandainya itu terjadi jg.. Berarti jodoh kmi ‘ga panjang, karena aq lebih baik cerai, dri pd hidup berdampingan akan tetapi sakit hati.. (Maaf bagi teman2 ada yg tersinggung dgn coment q.. bkn bermaksud apa2, hanya saja sedikit menguraikan isi hati & pikiran q).. thanks.. :)

  • susilo

    Jika kamu anggap Haris lelaki yang cocok, maka menikahlah dengannya…jangan berbuat dosa lagi….tapi menurutku haris bukan tipe laki-laki yang bertanggung jawab, tapi hanya mencaari keuntungan sendiri dan memanfaatkan peluang yang kamu ciptakan….segera instroeksi diri dan ingat hidup ini tidak lama….

  • Denizz

    Akh gua pling mlez liat orang bcra pke bwa” agama pling uenek gua dgr y pa lg bw” nm allah,gua orang islam tpi gua g sk nyeramahin orang n gua g sk ngekang orang tw ngelrang orang tk brbuat sswtu,tk pa loe” pde sbk urusin rang laen??Biarn rang laen mw poligami ke tw pa lah,toh tu hak” dya??Saran gua sh sebelum loe pd sbuk ngomen orang??Ngaca dri loe sendri pa dh bnr tw lum trus pa dh ckup ilmu loe ngbhas al islam n 1 lg pa mulut n fikiran loe dh suci smpe bwa” nama (ALLAH)

  • loe toe ya

    Lucu ya ? Omongan kayak ustad tapi pikiran mesum!

  • iman

    Jangan terbawa dendam…… Sadarilah diri..anda sendiri….
    suami anda memang salah menikah tanpa seizin anda… namun dia berpoligami… itu boleh dalam agama asalkan bisa berbuat adil….
    anda telah melakukan perzinahan yang amat dimurkai tuhan… sama dengan anda telah menduakan tuhan….hukum islam adan harus dirazam hingga mati……, ditanam setengah badan dan dilempari dengan batu sampai mati…. Massya allah….. dan anda dipandang hina lebih hina dari seekor binatang…… taubat lah anda secepat nya sebelum ajal menjemput mu… wassalam

  • widerin

    Apa yang terbaca di atas sudah seperti bubur kacang hijau .. no coment mau dengar saja kabar sekarang masih dengan johan atau sudah kembali sepenuhnya pada erwin … Kalau soal Polygami sebaiknya bertanya pada eyang subur … walau tanpa gigi dia berhasil menyunting istri banyak sekali …Peaceee … greeting from holland

  • kuncung

    ngentot yang haram memang enak . pengen donk nyodok memek km pake kontolku

  • kuncung

    aku pengen ngenttooooooooooooooooooottt sm kamu
    si johan itu kontolnya kurang gede mbak. sama aku aja cz aku calon Gigolo

  • John Love

    Apa yang dicari dan didapatkan oleh suami dari WIL nya mba??

    Apakah sudah pernah intropeksi?

    (memang sekilas sudah terlanjur/jadi bubur, karena suami sudah PELIHARA)

    Kebanyakan masalah itu hadir dari kedua belah pihak (suami tidak puas xxxxx dan istri tidak puas xxxxx, dan tidak ketemu solusi)

  • Chandra Suwandi

    Setiap perbuatan, baik atau buruk pasti akan ada akibatnya, itu namanya hukum alam.. jadi sebelum semakin jauh dan akhirnya menyesal cepat bertobat.. ingat mata Tuhan melihat kita..